Jargas Kurangi Subsidi dan Impor

Bupati OKU Kuryana Azis, Kementerian ESDM, dan OPD terkait melihat pembangunan jaringan gas di Kabupaten OKU di kecamatan Lubuk Batang. Foto : Dok Pemkab OKU. (*)

OKU – Konstruksi jaringan gas (jargas) di Kabupaten OKU mulai dibangun. Di tahap I, pekerjaan fisik jaringan mencakup dua kecamatan. Yakni, kecamatan Lubuk Batang (11 desa) dan kecamatan Baturaja Timur (2 desa dan 1 kelurahan).

Jaringan ini terdiri dari pipa induk sepanjang 41.390 KM dan pipa distribusi sepanjang 124.084 KM. Pembangunan jaringan merupakan implementasi nota kesepakatan yang ditandatangani Dirjen Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM pada 6 April lalu.

Bupati OKU Drs H Kuryana Azis mengatakan, pembangunan jaringan gas bumi untuk rumah tangga adalah kebijakan Pemerintah Kabupaten OKU.

“Agar masyarakat dapat menikmati gas bumi di Kabupaten OKU,” ujar Kuryana saat rakor pembangunan Infrastruktur Jaringan Distribusi Gas Bumi Rumah Tangga Tahun 2020 bersama Direktur Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur Migas Kementerian ESDM RI, kemarin (16/07).

Program City Gas, sambung Kuryana, merupakan program strategis Pemerintah Kabupaten OKU sejak 2017 yang tertuang dalam RPJMD 2016-2021.

“Program City Gas diselaraskan dengan kebijakan pemerintahan Presiden Jokowi yang mengutamakan pembangunan infrastruktur. Diantaranya infrastruktur sarana jaringan gas bumi untuk kebutuhan rumah tangga,” terangnya.

Pemerintah Kabupaten OKU mengucapkan terima kasih kepada Kementerian ESDM dalam mendukung pembangunan jaringan gas bumi. “Diharapkan tahun 2021 dilanjutkan untuk penyelesaian DED pembangunan jaringan gas tahap kedua,” harapnya.

Sementara itu, Direktur Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM Alimuddin Baso, S.T., M.BA mengatakan, program jaringan gas merupakan program prioritas pemerintah yang bertujuan menekan peningkatan biaya subsidi elpiji 3 kg.

“Pelanggan dapat kooperatif terhadap jaringan yang telah terpasang di lingkungan sekitarnya, sehingga manfaat jaringan gas bisa dioptimalkan,” ucapnya.