Besok, Sisa Gaji Karyawan Dibayar

Kantor PTP Minanga Ogan. Foto : Herli Yansah/oku ekspres. (*)

OKU – Besok (15/7), rencananya sisa gaji karyawan PTP Minanga Ogan untuk bulan Mei akan dibayar perusahaan. Hal ini berdasarkan kesepakatan antara karyawan PTP Minanga Ogan dengan Presiden Direktur PT Minanga Ogan Mona beberapa waktu lalu.

Pada kesepakatan tersebut, perusahaan akan membayar gaji karyawan pada 15 Juli.

Hal ini juga disampaikan Humas PTP Minanga Ogan Diki, kemarin (13/7). “Kalau dari kesepakatan kemarin, gaji akan dibayar pada 15 Juli besok. Namun kita tunggu saja realisasinya. Semoga sesuai dengan kesepakatan,” ujar Diki.

Diki menjelaskan, untuk gaji para karyawan, perusahaan terutang sebesar 50% untuk gaji bulan Mei, 50% gaji bulan Juni, serta 50% THR. “Jadi untuk utang perusahaan adalah sisa gaji bulan Mei dan THR 50%. Kalau sisa gaji bulan Juni memang akan dibayar pada akhir bulan Juli. Sebelumnya perusahaan telah membayar THR sebesar 50% pada akhir bulan Juni. Hal ini sesuai dengan surat edaran yang diterbitkan tanggal 29 Juni, maka pembayaran THR pada tanggal 30 Juni,” jelasnya.

Diki memaklumi para karyawan menuntut hak mereka setelah karyawan mengabdi kepada perusahaan. “Apalagi saat ini mereka harus menyekolahkan anak-anak, serta untuk kebutuhan hidup sehari-hari. Namun saat ini kondisi perusahaan tidak memungkinkan untuk menyelesaikan pembayaran gaji para karyawan sekaligus,” bebernya.

Ia juga mengatakan, jika pembayaran gaji karyawan sudah dilakukan perusahaan tidak lagi berutang kepada karyawan. “Jadi hanya sisa gaji bulan Juni yang belum dibayar. Rencananya sisa gaji bulan Juni akan dibayar pada akhir Juli ini,” terang Diki.

Ia berharap produksi bisa menigkat sehingga volume penjualan CPO juga bisa meningkat. (lee)