Remaja di Bawah Umur Bobol Rumah

Tiga sekawan yang berhasil ditangkap Polsek Lubuk Batang karena mencuri di rumah warga. Foto: dok Polsek Lubuk Batang. (*)

OKU – Polsek Lubuk Batang berhasil menangkap tiga kawanan pencurian dengan pemberatan (curat). Bahkan dua diantaranya adalah remaja di bawah umur. Aksi kriminal tersebut dilakukan oleh Am (18), ES (16), dan AR (15).

Ketiganya warga dusun III desa Kartamulya ini mencuri di rumah Susanto (36) yang tinggal di Jl Mawar I Kelurahan Baturaja Permai, kecamatan Baturaja Timur pada 3 Juli lalu. Rumah yang dibobol tiga sekawan ini berada di desa Kartamulya, kecamatan Lubuk Batang.

Kapolres OKU AKBP Arif H Ritonga SIK MH melalui Kapolsek Lubuk Batang AKP Ujang Abdul Azis mengatakan, pencurian yang dilakukan ketiga pelaku dengan cara mencongkel jendela rumah. Setelah beraksi, ketiganya keluar lewat pintu belakang.

“Mereka (pelaku) masuk lewat jendela dan berhasil mencuri dua buah laptop dan uang tunai Rp500 ribu. Kemudian pelaku kabur lewat pintu belakang rumah,” kata Ujang.

Dijelaskannya, menurut keterangan Susanto, pencurian tersebut diketahui pada 3 Juli lalu sekitar pukul 20.30 WIB saat Susanto masuk rumahnya. “Ketika korban masuk, kondisi rumah sudah berantakan. Di jendela ada bekas congkelan, pintu kamar dan pintu belakang sudah dalam posisi terbuka,” terang Ujang.

Kemudian, beberapa barang pribadi miliknya sudah tidak ada lagi. Susanto pun melaporkan kasus tersebut kepada Polsek Lubuk Batang dengan nomor laporan polisi LP/B/22/VII/2020/Sumsel/Res OKU/Sek Lubuk Batang tanggal 4 Juli 2020. “Akibat pencurian ini, korban mengalami kerugian sekitar Rp10 juta lebih,” jelas Ujang.

Kemudian lanjutnya, berdasarkan hasil penyelidikan, pada Sabtu sekitar pukul 01.30 WIB, Unit Reskrim Polsek  Lubuk Batang berhasil menangkat tiga pelaku. Selain itu, polisi juga menggeledah rumah ketiga pelaku.

“Dari penggeledahan ditemukan barang milik korban di rumah pelaku. Lalu barang bukti tersebut disita dan dibawa ke Polsek Lubuk Batang untuk dilakukan penyidikan lebih lanjut berikut para pelaku,” lanjutnya.

Saat ini, sambung Ujang, ketiga pelaku dan barang bukti sudah diamankan di Mapolsek Lubuk Batang. Barang bukti yang diamankan berupa dua unit laptop, sebuah tas laptop, dan sebilah parang,” tegas Ujang. (lee)