TNT Bidik Mitra Pemerintah

Konferensi video penilaian lomba Kepala Daerah Inovatif Se-Sumsel Secara Online Piala Mendagri berlangsung di Rumah Dinas Bupati OKU. Foto : Ist. (*)

OKU – Pemerintah Kabupaten OKU telah menerapkan Transaksi Non Tunai atau TNT sejak 2018. Dengan inovasi tersebut, Kabupaten OKU meraih penghargaan WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) selama 5 tahun berturut-turut.

“Melalui TNT, penerimaan dan pengeluaran terkontrol melalui rekening koran,” ujar Asisten III Setda Kabupaten OKU, Romson Fitri SH, MH.

Kesuksesan inovasi itu dilanjutkan di tahun ini. Pemerintah Kabupaten OKU, sambung Romson, sudah mengembangkan elektronifikasi TNT. Dengan penerapan transaksi pajak online menggunakan tapping box pada Januari 2020.

“Kebijakan TNT ini akan terus diterapkan dan dikembangkan kepada mitra pemerintah karena sesuai dengan kebijakan pemerintah pusat,” kata Romson saat mengikuti konferensi video Penilaian Kepala Daerah Inovatif Se-Sumsel Secara Online Piala Mendagri Bertempat di Rumah Dinas Bupati OKU. Inovasi berbasis online juga diterapkan pada Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) online, baik belanja langsung dan tidak langsung per Januari 2020. “Penerapan SP2D online di seluruh OPD per 6 Januari 2020, serta melakukan pengawasan,” tandasnya. (stf)