Salahi Trayek, Bus Ditilang

Dinas Perhubungan OKU menindak lima kendaraan yang melintas di jalan lintas depan Gor Baturaja. Kendaraan itu menyalahi aturan. Mulai mati kir kendaraan hingga menyalahi trayek dan jurusan. Foto : Ist. (*)

OKU – Pengawasan angkutan dan barang mulai dilakukan Dishub OKU. Kemarin (9/7) merupakan agenda pertama pengawasan setelah Kabupaten OKU dinyatakan zona hijau.

“Rencananya (pengawasan) digelar selama enam hari mendatang,” ujar Kepala Dishub OKU Firmansyah ST M Si melalui Kasi Lalulintas Jauhari ST. MM. Sasaran pengawasan, sambung Jauhari, adalah kendaraan barang dan angkutan yang melintas di Jl Lintas Sumatera.

Pengawasan di hari pertama kemarin dipusatkan di depan GOR Baturaja. “Ada lima kendaraan yang kena tilang. Bus dan truk,” ungkapnya. Pelanggaran yang ditemukan, mulai dari mati kir kendaraan hingga bus yang menyimpang dari trayek.  “Surat kendaraan yang ditahan,” tandas Jauhari.

Dua hari lalu, beberapa pengendara roda dua mengeluhkan truk batubara. Menurut pengendara, armada tambang itu kerap membuat pengendara roda dua khawatir. Apalagi sopir kendaraan terkesan ugal-ugalan.

Di sisi lain, aspal Jl Lintas Sumatera saat ini masih banyak pecah yang berserakan di badan jalan. Sehingga potensi kecelakaan cukup besar. Kondisi inilah membuat pengendara meminta dinas terkait melakukan penertiban. (stf)