KPU: Kesiapan Capai 80 Persen

Komisioner KPU OKU Selatan saat mengikuti Vidcon bersama Komisioner KPU RI dan Penyelenggara di Tujuh Kabupaten Kota Se-Sumsel. Foto : Anto/HOS. (*)

OKU SELATAN – Terkait kesiapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak yang rencananya akan digelar pada Desember tahun 2020 mendatang,  Komisioner KPU RI Ilham Saputra, kemarin memimpin Apel Akbar melalui Video Conference (Vidcon) bersama Penyelenggara di Tujuh Kabupaten Kota Se-Sumsel.

Ketua KPU OKU Selatan, Ade Putera Martabaya SH melalui Devisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, Zarnubi S Kom dan didampingi Ketiga Devisi lainnya mengatakan bahwasannya tahapan Perekrutan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) Kabupaten OKU Selatan sekarang sudah sampai tahapan prekrutan.

“Insya Allah persiapan untuk menuju Pilkada serentak yang dilakukan di Tujuh Kabupaten Kota Se Sumsel terkhusus OKU Selatan sudah siap. Terkait tahapan, sekarang ini kita sudah melakukan perekrutan PPDP,” ujarnya.

Dikatakanya, dalam Vidcon apel persiapan menuju Pilkada serentak tersebut pihaknya memastikan sudah siap 80 persen menuju Pemilihan Kepala Daerah 2020 yang akan dilaksanakan Desember mendatang.

“Utamanya kesiapan regulasi atau aspek kerangka hukum untuk menyelenggarakan Pilkada 2020, Undang-undangnya sudah siap dan Peraturan KPU juga sudah siap,” ucap Zarnubi.

Selain itu lanjut Zarnubi, lembaga atau unsur-unsur yang dibutuhkan untuk pelaksanaan Pilkada pun sudah dibentuk seiring proses waktu yang sudah terjadwalkan nantinya.

“Dapat dikatakan kita sudah siap secara keseluruhan untuk kelembagaan. Personil dalam waktu dekat ini juga akan mengikuti Bimtek penyelenggara Kepemiluan,” ujarnya.

Disamping itu, jelasnya KPU juga akan memastikan substansi dari PKPU sesuai dengan protokol kesehatan yang disusun Kementerian Kesehatan maupun Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. (ant)