KK Bisa Dicetak di Rumah

Data kependudukan bisa dicetak di rumah. Layanan tersebut digulirkan Ditjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri mulai April lalu. Namun, pencetakan di rumah tidak berlaku untik E KTP dan KIA. Foto: Mustofa/Oku Ekspres. (*)

OKU – Saat ini, mencetak dokumen kependudukan bisa dilakukan di rumah. Dengan demikian, tanpa harus antre di kantor Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukcapil) OKU.

Layanan tersebut, kata Kepala Disdukcapil OKU H Ajahari melalui Kabid Pelayanan Kependudukan Yanizi, sudah bisa dinikmati sejak April lalu. Banyak masyarakat yang memanfaatkannya karena perlu ke Kantor Disdukcapil OKU,” ujar Yanizi, kemarin (9/7).

Kendati bisa mencetak sendiri di rumah, namun, pencetakan itu tidak berlaku untuk semua data kependudukan. “Semua dokumen penduduk bisa. Mulai dari Kartu Keluarga (KK), akta kelahiran, dan akta kematian. Kecuali KTP dan KIA yang harus dicetak di Disdukcapil Karena menggunakan blangko khusus,” terangnya.

Proses pembuatan dokumen kependudukan, dijelaskan Yanizi, masyarakat cukup melengkapi berkas sesuai perubahan elemen. Kemudian data tersebut dikirim via Whats App (WA) ke pelayanan bagian catatan sipil dan pelayanan bagian data kependudukan.

“Berkas dalam format pdf dikirim ke WA bagian pelayanan Capil. Setelah diverifikasi petugas, warga akan menerima berkas dalam format pdf untuk dicetak di rumah. Kertas yang direkomendasikan Kemendagri jenis HVS 80 gram,” tandasnya. Pelayanan online ini untuk memudahkan masyarakat mengurus data kependudukan di tengah pandemi Covid 19. (stf)