Usulkan Insentif untuk Imam Tetap

Musda II DMI OKU digelar di lantai dua Gedung Baznas komplek Islamic Center Baturaja. Foto: mustofa/oku ekspres. (*)

OKU – Insentif untuk imam tetap masjid di Kabupaten OKU akan diupayakan PD Dewan Masjid Indonesia (DMI) OKU. Rencana ini disampaikan oleh Ketua PD DMI OKU Dr Ibnu Sodik M Pdi saat membuka Musda II PD DMI OKU, kemarin (8/7).

“Kami sangat berterima kasih kepada pemerintah karena insentif marbot atau pengurus masjid sudah naik. Dari Rp300 ribu/dua tahun, naik menjadi Rp 500 ribu/dua tahun,” kata Sodik.

Selain dari pemerintah, marbot juga menerima insentif dari masjid. Seperti di masjid Almuhajirin RS Sriwijaya, marbot menerima insentif Rp sebesar 1.250.000/bulan dan disiapkan rumah jaga. “Tiap masjid, marbot diberi insentif, dan disiapkan rumah jaga, ” katanya.

Kenaikan insentif marbot ini, kata Sodik sudah direalisasikan pada Desember tahun lalu. Upaya ini dilakukan Pemerintah Kabupaten OKU untuk meningkatkan kesejahteraan marbot dan untuk pemberdayaan masjid. “Selanjutnya diupayakan insentif untuk imam tetap masjid,” ungkapnya.

Beberapa program DMI OKU yang sudah terlaksana yakni pendataan jumlah masjid di Kabupaten OKU. Saat ini, jumlah masjid di Kabupaten OKU sebanyak 387 buah. Jumlah ini belum termasuk musala. Kemudian, DMI OKU juga memiliki program pembinaan takmir masjid.