Deru: Peserta Pilkada Harus Bijak Saat Kampanye

OKU TIMUR – Gubernur Sumsel H Herman Deru menekankan agar pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di Sumsel khususnya di Kabupaten OKU Timur berjalan kondusif tanpa ada kericuhan dan konflik yang terjadi. Bahkan dirinya menegaskan para peserta Pilkada 2020 di OKU Timur dituntut agar berlaku bijak saat kampanye, sehingga tidak menimbulkan perpecahan di tengah masyarakat karena perbedaan dukungan.

“Salah satu elemen pendukung dalam menciptakan kedamaian demokrasi saat Pilkada adalah peran dari peserta pilkada itu sendiri. Oleh sebab itu, peserta Pilkada harus bijak saat kampanye sehingga tidak menimbulkan perpecahan, karena masyarakat berbeda dukungan,” tegas Deru saat Pembukaan Launching Pilkada OKU Timur di Balai Rakyat Pemkab OKU Timur, Selasa (7/7).

Menurut Deru, masyarakat OKU Timur sendiri memiliki kesadaran tinggi untuk berpartisipasi dalam Pilkada. Hal itu terbukti dengan dinobatkannya Kabupaten OKU Timur sebagai daerah partisipasi pemilih tertinggi oleh Museum Rekor Indonesia (Muri) pada Pilkada 2010 lalu, dan belum terpecahkan hingga saat ini.

“Sebagai Bupati pertama yang pernah memimpin OKU Timur, saya memiliki pengalaman, informasi dan sangat mengenal masyarakat baik dalam berpolitik dan kesehariannya. Bahkan masyarakat memiliki partisipasi tertinggi, kecerdasan tertinggi dan elektoral dalam demokrasi tertinggi,” kata Deru.

Deru menambahkan, Kabupaten OKU Timur pernah mendapatkan perhatian khusus karena dinilai sebagai daerah paling rawan kericuhan saat Pilkada. Namun nyatanya justru OKU Timur paling zero konflik saat pilkada berlangsung. Hal ini dibuktikan bahwa masyarakat dan peran dari calon yang berlaga membuat damai masyarakat dan tidak memantik kericuhan.

“Hal ini harus terus dipupuk. KPU dan Bawaslu harus berkomitmen kepada masyarakat akan menjalankan Pilkada ini dengan baik. Saya harapkan pilkada tahun ini tetal kondusif, hidup berdemokrasi dengan menghormati orang lain dan jangan menebar hoaks. Sebab jika kita bertekad sama menjalankan demokrasi yang baik, maka kericuhan tidak akan terjadi,” bebernya.

Sementara, Bupati OKU Timur HM Kholid MD mengatakan, capaian yang diraih OKU Timur saat ini tentu tidak terlepas dari peran Pemprov Sumsel dibawah kepemimpinan Gubernur Sumsel H Herman Deru.

Kemudian kata dia, untuk menciptakan kondusifitas pilkada, pihaknya akan berkolaborasi dengan KPU agar pelaksanaan pilkada OKU Timur tetap tercipta demokrasi yang aman dan damai. “Yang jelas kita butuh peran bersama dalam mensukseskan pillada ini, termasuk peserta dan masyarakat. Kita menginginkan demokrasi tetap berjalan baik seperti tahun-tahun sebelumnya,” katanya. (inz)