Dandim Ajak Babinsa Berkebun

Bincang santai antara Dandim 0403 OKU Letkol Tan Kurniawan bersama pejabat pemerintah kecamatan Lubuk Batang. Foto: herli yansah/oku ekspres. (*)

OKU – Dandim 0403 OKU Letkol Tan Kurniawan SAP, MIPol mengajak para Bintara Pembina Desa (Babinsa) untuk berkebun. Tan menilai, berkebun jauh lebih baik dibanding main proyek yang dianggap lebih rentan tersandung masalah hukum.

Hal ini diungkapkan Tan saat berkunjung ke Makoramil 403-13 Lubuk Batang, kemarin (8/7). Kunjungan ini juga dihadiri Camat Lubuk Batang Helni Purnanengsih SE, Kapolsek Lubuk Batang AKP Ujang Abdul Azis, dan Kepala KUA Lubuk Batang Drs Arman Ashri. M.Si.

Pada kesempatan tersebut, Tan menyampaikan 6 pesan kepada anggota Koramil dalam melaksanakan tugas.

“Saya minta pertahankan kesan baik Babinsa di mata masyarakat. Kedua, jangan egois. Ketiga sebisa mungkin manfaatkan potensi lahan yang ada. Keempat jangan mudah tersinggung. Kelima, harmonislah dalam rumah tangga dan keenam bersikaplah netral,” ujar Tan.

Ia mengatakan, para Babinsa memiliki hubungan erat dengan masyarakat. Apalagi tak sedikit Babinsa dinas di lebih dari 1 desa.

Tan juga meminta kepada Babinsa untuk memberdayakan lahan lahan kosong agar membuahkan hasil. “Babinsa itu punya banyak waktu luang. Manfaatkanlah lahan kosong untuk pertanian. Lebih baik berkebun, ketimbang main proyek yang nantinya bisa menimbulkan masalah,” tegasnya.

Apalagi menurut Tan, Kabupaten OKU akan menghadapi pemilihan kepala daerah. “Anggota TNI harus bersikap netral. Jangan sampai ada anggota yang memihak. Karena peran TNI untuk mengamankan pilkada,” pungkas Tan. (lee)