Uang BST Berkurang 50 Persen

KPM mencairkan BST di Kantor Pos Baturaja. Informasi yang diterima, BST berlanjut hingga Desember 2020 dengan besaran Rp300 ribu/bulan. Foto: Mustofa/Oku Ekspres. (*)

OKU – Apakah Bantuan Sosial Tunai (BST) diteruskan pemerintah? Pertanyaan yang kerap dilontarkan warga di kota Baturaja. Apalagi mereka sebelumnya telah menerima informasi dari media sosial.

“Kabar ini sudah saya dapat di awal bulan Juni. Cuma sampai sekarang belum jelas,” ujar Supri, warga kelurahan Baturaja Lama, kemarin (7/7).

Dirinya sudah menanyakan kebenaran kabar kepada ketua RT hingga petugas bayar di Kantor Pos Baturaja. Namun, dua narasumber tersebut tidak bisa memberikan jawaban. “Baik kantor pos maupun ketua RT masih menunggu kepastian dari pemerintah. Kalau kantor pos, masih menunggu kabar dari Kemensos,” kata buruh toko ini.

Kepala Dinas Sosial OKU Syaiful Kamal M Epid melalui Kabid Pemberdayaan Fakir Miskin (PFM) H M Kholik, kemarin (7/7) menyebutkan, bantuan dari Kemensos bakal dibayar sampai Desember. “Pemberitahuan sudah diterima melalui email. Informasinya, BST akan dibayar sampai Desember mendatang,” ujar Kholik.

Namun, lanjut Khalik, nilai uang yang diterima hanya 50 persen dari BST periode sebelumnya. “Artinya, KPM bakal menerima Rp300 ribu/bulan,” tandasnya. (stf)