BST Tahap III Sudah Cair

KPM Kelurahan Kemalaraja mencairkan BST Kementrian Sosial di Kantor Pos Baturaja pada 5 Juli lalu. Pencairan BST ini dijadwalkan hingga pertengahan bulan ini. Foto : Mustofa/Oku Ekspres. (*)

OKU – Warga kelurahan Talang Jawa, kecamatan Baturaja Barat dibuat sumringah. Pasalnya, pada 5 Juli kemarin, Kemensos menggelontorkan Bantuan Sosial Tunai atau BST tahap III. “Sudah cair di kantor camat Baturaja Barat,” Ujar Midi warga RT 10.

Menurut dia, pencairan bantuan tersebut sangat menolong ekonomi rumah tangganya. Di tengah wabah Covid 19, sumber pendapatannya dari penarik bentor turun drastis. “Dari hasil narik (bentor) idak sampai Rp40 ribu/hari. Itu sudah seharian di jalanan. Sementara urusan makan tak bisa ditunda,” ungkapnya.

Pada 4/ juli petang, dirinya sempat mencari informasi pencairan bantuan tersebut. Karena, uang simpanannya menipis. “Lah hemat nian makai duit simpanan. Moga bae, normal lagi ekonomi setelah OKU zona hijau dan sekolah aktif lagi,” harapnya.

Terkait pencairan BST dari Kemensos, Kepala Kantor Pos Baturaja Juhen Hendry didampingi Bagian Pemasaran Donny Farzon mengatakan, pencairan BST tahap III telah dimulai hari Minggu lalu.

“Ada yang mencairkan di kantor pos Baturaja untuk KPM di Baturaja Timur dan di kantor camat Baturaja Barat untuk KPM Baturaja Barat,” ujarnya, kemarin (6/7)

Di tahap III ini, pihaknya menerima data 21.046 KPM yang menerima bantuan se Kabupaten OKU. Pencairan ini dijadwalkan rampung pada 15 Juli mendatang. “Jadwal pencairan sampai pertengahan Juli. Setelah itu, kami tunggu intruksi dari Kemensos,” tandasnya. (stf)