Petugas Pemadam Kebakaran Kembali Siaga

Regu pemadam kebakaran di kecamatan Lubuk Batang kembali bekerja setelah sebelumnya mereka di rumahkan setelah salah satu anggotanya terpapar Covid -19. Foto: Herli Yansah /Oku ekspres. (*)

OKU – Pasca petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan OKU dinyatakan sembuh dari Covid 19, posko pemadam kebakaran di Kecamatan Lubuk Batang kembali siaga.

Sebelumnya, posko ini ditutup untuk sementara waktu karena seorang petugas pemadam kebakaran di kecamatan ini positif corona. Posko ini resmi aktif kembali per 1 Juli lalu.

“Kita telah menempatkan kembali regu pemadam di kecamatan Lubuk Batang setelah sebelumnya seluruh regu di kecamatan tersebut dirumahkan karena ada satu anggota regu yang terpapar Covid-19,” ujar Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan OKU Aminilson.

Aminilson mengatakan, selain petugas yang positif corona, seluruh personil Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan OKU juga menjalani rapid tes atau tes cepat. Tes ini dilakukan untuk mencegah penularan dan penyebaran virus corona. Hasilnya, seluruh personil tersebut negatif corona.

“Saat ini Kabupaten OKU sudah zona hijau. Imbauan bekerja dari rumah sudah tidak diberlakukan lagi. Jadi kondisi saat ini dinilai sudah mulai kondusif. Oleh karena itu, regu pemadam kebakaran diaktifkan lagi,” lanjut Aminilson.

Selain petugas, mobil pemadam kebakaran yang sebelumnya ditempatkan di posko utama di kota Baturaja juga sudah ditempatkan kembali ke posko di kecamatan Lubuk Batang.

Apalagi saat ini perhatian pemerintah mulai difokuskan pada ancaman kebakaran lahan dan hutan (karhutlah). “Satu unit mobil pemadam kebakaran juga sudah diberdayakan kembali untuk mengantisipasi kebakaran. Apalagi saat ini Pemerintah Kabupaten OKU bersama BPBD, dan aparat TNI-Polri tengah mensosialisasikan ancaman karhutlah,” terang Aminilson.

Ia menambahkan, untuk kecamatan Lubuk Batang, ada tiga regu pemadam kebakaran yang disiagakan untuk mengatasi kebakaran. “Setiap regu terdiri dari 8 personil yang dinas secara bergantian,” pungkas Aminilson. (lee)