Empat Siswa Jadi Paskibraka Provinsi

Keempat siswa yang terpilih sebagai Paskibaka Tingkat Provinsi. Foto : Hamdal/HOS. (*)

OKU SELATAN – Sebanyak 4 Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) asal Kabupaten OKU Selatan yang di utus mengikuti tes seleksi menjadi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tahun 2020 Tingkat Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) dinyatakan 100 persen lulus.

Pelaksanaan seleksi Tim Paskibraka Tingkat Provinsi ini sendiri di mulai dari Tanggal 25-28 Juni 2020 yang di pusatkan di Hotel Swarna Dwipa Palembang.

Diketahui, ke empat siswa yang di utus oleh Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) OKU Selatan itu sendiri terdiri dari perwakilan Sekolah Menengah Atas (SMA) 1 Muaradua sebanyak 2 Siswa, dariĀ SMK 1 Buay Sandang Aji (BSA) 1 orang siswa dan perwakilan dariĀ SMA 1 Pulau Beringin 1 orang siswa.

Hal itu, sebagaimana yang disampaikan oleh Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) OKU Selatan Ahmad S Pd MM, saat di konfirmasi , Minggu (5/7).

Dikatakannya, pada masa Covid-19 Pemerintah Provinsi menyiapkan peserta sebagaimana intruksi dari Kementrian Olahraga agar pengibaran bendera tetap di laksanakan.

“OKU Selatan di minta utusan sebanyak 4 orang siswa yang di kirim untuk pengibar bendera Tim Provinsi. Setelah mengikuti seleksi Alhamdulillah lulus semua,” ujar Ahmad.

Ada pun untuk pelaksanaan pengibaran Bendera di OKU Selatan, terangnya saat ini Dispora masih menunggu Edaran atau Intruksi dari Kementrian Pemuda dan Olahraga.

Kemudian, mengimbangi petunjuk dari Provinsi serta arahan dari Bupati, Wakil Bupati dan Sekda OKU Selatan terkait pelaksanaan paskibraka di OKU Selatan.

Karena hal itu, sujarnya perlu dipersiapkan, dikarenakan direncanakan tim Paskibraka OKU Selatan akan di adakan pemondokan kendati waktu yang singkat guna berlatih.

“Kalau untuk tingkat Nasional saat ini Pemerintah Provinsi sedang menunggu intruksi dari Pemerintah Pusat, perlu ngirim utusan atau tidak sekaligus tehnik pelaksanaan pengibaran bendera,” jelasnya.

Karena sejauh ini, lanjutnya Pemerintah Provinsi juga sedang menunggu petunjuk dari pusat akan kah di selenggarakan atau tidaknya pengibaran bendera merah putih ini nanti.

Selanjutnya juga, ucapnya nantinya Dispora OKU Selatan akan menunggu petunjuk dan arahan dari Bupati untuk pelaksanaan Upacara di Hut RI atau tidaknya.

“Kita juga selalu koordinasi dengan Provinsi terkait pelaksanaan ini nanti, di laksanakan atau tidaknya upacara Hut RI Tahun 2020 ini,” tandadnya. (dal)