Lagi, Karyawan Tuntut Gaji dan THR

Karyawan PTP Minanga Ogan melakukan unjuk rasa di depan kantor PT Minanga Ogan, kemarin (2/7). Mereka menuntut pembayaran gaji dan THR. Foto: Herli Yansah/oku ekspres. (*)

OKU – Setelah pada April lalu, ratusan karyawan PT Perkebunan Minanga Ogan menggelar demo karena menuntut pembayaran gaji Januari hingga Maret, kemarin aksi serupa kembali terjadi.

Ratusan karyawan tersebut, kemarin (2/7) kembali, menggelar aksi serupa dengan tuntutan yang serupa. Yakni pembayaran gaji bulan Mei dan Juni ditambah tuntutan pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR).

Sekitar 150 personil dari Polres OKU, Polsek Lubuk Batang, Polsek Semidang Aji, dan Polsek Baturaja Timur mengamankan aksi damai tersebut. Pengamanan juga melibatkan personil Koramil 403-13 Lubuk Batang dan anggota Kodim 0403 OKU.

Kapolres OKU AKBP Arif H Ritonga Sik MH melalui Waka Polres OKU Kompol Edi Rahmat Mulyana SIK. MH mengakui, jumlah petugas yang dilibatkan dalam pengamanan demonstrasi ini lebih banyak dari jumlah petugas pada demo sebelumnya.

“Hal ini untuk mengantisipasi agar tidak terjadi rusuh seperti aksi pada April kemarin. Makanya personil gabungan dari Polres, polsek, Kodim, dan Koramil Lubuk Batang,” ujar Edi.

Koordinator aksi yang merupakan ketua serikat Serikat Pekerja Tingkat Perusahaan (SPTP) Erlan Noperi mengatakan, tuntutan karyawan tersebut masih sama seperti yang dulu yakni masalah pembayaran gaji.

“Karyawan menuntut pembayaran gaji bulan Mei dan Juni ditambah THR Idul Fitri kemarin yang juga belum dibayar perusahaan. Karyawan menuntut pembayaran tersebut dilakukan sebelum 15 Juli ini,” ujar Erlan.

Selain itu, kata dia, THR yang seharusnya dibayar sebelum Idul Fitri juga belum dibayar. “Janji perusahaan, THR akan dibayar di bulan Juni sebesar 50%. Tapi nyatanya hingga hari ini belum juga dibayar,” kata Erlan lagi.