Kalangan Ditutup, Pedagang Nekad Berjualan

Kalangan Ditutup, Pedagang Nekad Berjualan

OKU – Pedagang di pasar kalangan tak sabar membuka lapak dagangannya. Senin (29/6) lalu, pedagang yang berasal dari Baturaja mulai menggelar lapak di kalangan desa Tungku Jaya, Kecamatan Sosoh Buay Rayap (SBR).

“Padahal pemerintah desa belum membuka kalangan tersebut, tapi pedagang sudah tidak sabar untuk berjualan,” ujar A Malik, Kades Tungku Jaya, kemarin (30/6).

Kalangan di desa itu, sambung Malik, beroperasi setiap Senin dalam satu pekan sekali. Sebenarnya, pemerintah desa berencana akan membuka pasar kalangan tersebut. Namun, pedagang justru mencuri start alias berdagang duluan. “Sudah buka dewek pedagangnyo, Senin pagi lah rame,” sambungnya.

Malik mengatakan, pemerintah desa tidak akan melakukan sosialisasi protokol kesehatan yang harus diterapkan di pusat bisnis desa Tungku Jaya. Sebab, dari pantauannya, pedagang maupun pembeli sudah mengenakan masker.

“Pedagang dan pembeli menggunakan masker. Sebelum kalangan ditutup beberapa bulan lalu, protokol kesehatan sudah disampaikan,” tandasnya.

Sekedar mengingatkan, pasar kalangan desa Tungku Jaya sempat ditutup pada 11 Mei lalu. Hal itu terpaksa dilakukan sebagai upaya memutus rantai penyebaran wabah Covid 19. Ketika itu, pasar kalangan tidak hanya diisi pedagang dari luar desa, tapi juga warga desa. Kalangan ditutup hanya untuk pedagang dari luar desa. Sementara, pedagang di dalam desa masih dibolehkan berdagang. (stf)