Cegah Karhutla, OKU Timur Dapat Rp4 M

APEL: Gubernur Sumsel H Herman Deru saat menjadi Irup Apel Kesiapsiagaan Personil dan Peralatan Penanggulangan Karhutlah Provinsi Sumsel di di Lapangan Kebun Raya Sriwijaya Kabupaten Ogan Ilir, Selasa (30/6). FOTO: IST. (*)

OGAN ILIR – Dalam upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Sumsel.  Gubernur H Herman Deru  menggelontorkan dana APBD sebesar Rp 45 miliar untuk 10 kabupaten yang kerap terjadi karhutla. Salah satunya Kabupaten OKU Timur yang mendapatkan dana bantuan Karhutla dari Pemprov sebesar Rp4 miliar.

Deru menginstruksikan agar kabupaten yang berpotensi karhutla untuk membentuk satuan tugas dan menyiapkan peralatan sebagai upaya penanggulangan. “Tahun ini Pemprov Sumsel memberikan bantuan senilai Rp45 miliar untuk kabupaten terdampak guna membeli alat yang tidak habis pakai,” kata HD, usai menjadi Irup Apel Kesiapsiagaan Personil dan Peralatan Penanggulangan Karhutlah Provinsi Sumsel di di Lapangan Kebun Raya Sriwijaya Kabupaten Ogan Ilir, Selasa (30/6).

Dimana kata dia, 10 kabupaten yang mendapatkan bantuan anggaran penanggulangan Karhutla tersebut diantaranya, Kabupaten Ogan Ilir, Banyuasin, Pali, Muba, OKI, OKUT, Muratara, Muara Enim, Musi Rawas, OKUS.

“Besaran anggaran yang diberikan untuk tiap kabupaten tersebut jelas berbeda. Itu akan ditentukan dari luas lahan di kabupaten tersebut,” paparnya.

Tidak hanya itu, dia menyebut juga ada emapat kabupaten yang diberikan layar informasi indeks standar pencemaran udara (ispu). “Ada empat kabupaten yang mendapatkab layar informasi ispu tersebut. Dengan begitu bupati maupun masyarakatnya bisa tahu kondisi indeks pencemaran udaranya berapa,” tuturnya.

Dikatakan, Pemprov Sumsel juga saat ini mendorong perusahaan khususnya di bidang perkebunan untuk turut membantu dalam penanggulangan karhutla yang terjadi setiap tahun ini.