Pendamping Fasilitasi Penyelesaian Input IDM

IDM : Desa Surya Menang Kecamatan BP Bangsa Raja dalam melakukan penyelesaian pengimputan data IDM dan di bantu pendamping desa. FOTO : DWIRATNO/OKUTPOS. (*)

OKU TIMUR – Pengembangan Indeks Desa Membangun (IDM) didedikasikan untuk memperkuat pencapaian sasaran pembangunan prioritas sebagaimana tertuang di dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN)  dan meningkatkan jumlah Desa Mandiri.

Sehingga dapat diambil suatu kebijakan yang dapat membangun desa. Hal ini lah yang di lakukan Desa Surya Menang Kecamatan BP Bangsa Raja dalam melakukan penyelesaian pengimputan data IDM dan di bantu pendamping desa.

Pendamping Desa Pemberdayaan Fredi Fitriono mengatakan, kegiatan binin sebagai dasar dari suatu konsepsi bahwa untuk mencapai desa maju mandiri diperlukan kerangka kerja (frame work) pembangunan yang berkelanjutan dengan memperhatikan aspek sosial, ekonomi, ekologi dimana dalam penentuannya dibutuhkan perangkat indikator yang terukur sehingga diperlukan SOP pemutakhiran. 

“Pemutakhiran ini akan menjadi kegiatan secara sistematis. Yang hasilnya dapat dilaporkan secara berkala, kemudian dengan adanya pengInputan data IDM setiap desa diharapkan menjadi poin penting dalam menentukan kebijakan-kebijakan yang ada di desa,” katanya.

Menurutnya Indeks Desa Membangun disusun untuk mendukung upaya Pemerintah dalam menangani pengentasan Desa Tertinggal dan peningkatan Desa Mandiri. Dengan tujuan penyusunan Indeks Desa Membangun adalah menetapkan status kemajuan dan kemandirian desa, serta menyediakan data dan informasi dasar bagi pembangunan desa.

“Sehingga desa dapat berkembang dan maju. Dapat meningkatkan taraf kesejahteraan hidup masyarakat suatu desa,” pungkasnya.

Kemudian, dari hasil hasil Inputan IDM dari Desa diharapkan dalam pengisian tersebut sesuai dengan kondisi real di lapangan, sehingga nantinya akan diketahui kondisi status desa masing-masing dan kedepan dapat menjadi tolak ukur dalam penentuan kebijakan pembangunan di desa.

“Pendataan berlangsung di ruangan Kantor Desa Surya Menang. IDM meliputi Identitas Desa, Kondisi Geografi, Dimensi Sosial, Dimensi Ekonomi, Dimensi Ekologi, Aktivitas Desa, Sumber Pendapatan Desa,” pungkasnya.

Sementara, Camat BP Bangsa Raja M Andrie S.IP mengatakan, dirinya mengucapkan terima kasih kepada pendamping desa dalam memfasilitasi pengimputan Indeks Desa Membangun (IDM), diwilayah kecamatan BP Bangsa Raja.

“Kita berharap dengan adanya kegiatan ini dapat diharapkan menjadi poin penting dalam menentukan kebijakan-kebijakan yang ada di desa,” jelasnya.(Dira)