Bupati Resmikan Kampung KB Percontohan

RESMIKAN : Bupati OKU Timur didampingi Ketua TP PKK saat meresmikan kampung KB Percontohan. FOTO : IST. (*)

OKU TIMUR – Dengan diresmikannya kampung KB percontohan ini diharapkan menjadi contoh dan pusat pelaksanaan KB bagi seluruh desa yang ada di Kabupaten OKU Timur. Hal tersebut diungkap Bupati OKU Timur H HM Kholid MD S.Sos M.Si didampingi Ketua TP PKK OKU Timur Hikmatul Maslika saat meresmikan Kampung KB Percontohan di Desa Kurungan Nyawa II, Kecamatan Buay Madang. 

Peresmian kampung KB dilakukan pada puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-27. Bupati OKU Timur HM Kholid MD mengatakan, dengan diresmikannya kampung KB percontohan ini diharapkan menjadi contoh dan pusat pelaksanaan KB bagi seluruh desa yang ada di Kabupaten OKU Timur.

“Terhitung sejak 1970 sampai 2020, hanya dalam kurung waktu 50 tahun diperkirakan jumlah penduduk Indonesia mencapai 270 juta jiwa. Jika tidak diantisipasi melalui program KB bukan tidak mungkin penduduk Indonesia bisa mencapai 500 juta jiwa,” ujarnya. 

Untuk itu, tugas dan fungsi BKKBN untuk mengendalikan dan menata kembali tingkat laju penduduk. Setidaknya 50 tahun yang akan datang masyarakat kita ini terukur, artinya dengan jumlah penduduk yang sudah terukur kita bisa menyediakan lapangan pekerjaannya dan kebutuhan pokoknya.

“Selain itu menata keluarga dan rencana keluarga adalah tanggung jawab kita bersama bukan hanya pemerintah saja,” terangnya. 

Pada kesempatan itu Bupati mengingatkan masyarakat OKU Timur terkait dampak virus corona, walaupun saat ini sudah berangsur angsur sembuh dan mulai stabil lagi namun untuk tetap senantiasa menjaga kebersihan dan kesehatan.

“Saat ini pemerintah Kabupaten OKU Timur telah mengizinkan untuk melakukan perkumpulan seperti resepsi pernikahan akan tetapi tetap harus mematuhi protokol kesehatan seperti menggunakan masker,” himbau Bupati. 

Disamping itu, Bupati juga menghimbau kepada petugas untuk melayani masyarakat dengan hati dan ikhlas. Buatlah masyarakat senyaman mungkin terhadap pelayanan yang diberikan. (clau)