Stok APD Harus Tersedia

Foto bersama usai penyerahan APD dari BPBD OKU. Foto: dok Kecamatan Lubuk Batang. (*)

OKU – Meski Covid – 19 di kabupaten OKU sudah mereda dan seluruh pasien positif Covid -19 dinyatakan sembuh, namun bukan berarti pencegahan serta antisipasi penyebaran virus ini dihentikan.

Buktinya, BPBD OKU masih terus menyalurkan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) ke setiap kecamatan serta menyemprot disinfektan.

Akhir pekan lalu (25/6), BPBD OKU menyerahkan bantuan 7 pasang baju hamzat serta 3 set alat pelindung wajah. Vifan, salah satu petugas BPBD OKU mengatakan, bantuan ini untuk antisipasi penyebaran virus Corona.

“Kita tetap harus waspada selama belum ada pencabutan situasi bencana nasional ini dari pemerintah pusat,” ucap Vifan.

Bantuan yang diberikan BPBD OKU bukan hanya di kecamatan Lubuk Batang, melainkan di setiap kecamatan. “Masih ada 3 kecamatan lagi yang belum mendapat bantuan. Yakni kecamatan Lubuk Raja, Sinar Peninjauan, dan kecamatan Kedaton Peninjauan Raya. Tiga kecamatan ini segera menerima bantuan,” ungkapnya.

Sementara itu, Camat Lubuk Batang Helni Purnanengsih SE yang menerima bantuan tersebut, mengatakan APD masih diperlukan meski kondisi Kabupaten OKU telah dinyatakan masuk zona hijau.

“Kita tetap harus memiliki persediaan APD untuk jaga-jaga. Siapa tahu ada kasus baru di Kabupaten OKU ini. Semoga tidak ada lagi penambahan kasus corona,” ujar Helni.

Ia menambahkan, APD dari BPBD tersebut akan digunakan saat pemakaman pasien positif corona meninggal dunia. “Jika kita tidak memiliki APD, kita tidak boleh menghadiri pemakaman tersebut. Semoga tidak ada lagi kasus ataupun korban dari Covid-19 ini,” pungkasnya. (lee)