407 Petugas Jalani Rapid Test

PANTAU: Ketua Bawaslu OKU Timur melalui Kordiv Pengawasan dan Hubungan Antara Lembaga Benny Tenagus saat memantau pelaksanaan Rapid Test di Sekretariat Panwascam Martapura, Minggu (28/6). FOTO: INDRA/OKUTIMURPOS. (*)

OKU TIMUR – Sebanyak 407 petugas Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) dan Panitia Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) dilakukan Rapid Test secara serentak. Pelaksanaan Rapid Test ini sengaja dilakukan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) OKU Timur untuk memastikan agar seluruh tenaga pengawas terbebas dari Coronavirus Disease (Covid-19). Pelaksanaan Rapid Test tersebut dilakukan serentak di setiap sekretariat Panwascam di Kabupaten OKU Timur.

Ketua Bawaslu OKU Timur Ahmad Gufron, SE melalui Kordiv Pengawasan dan Hubungan Antara Lembaga Benny Tenagus mengatakan, kegiatan Rapid Test serentak ini dilaksanakan berdasarkan intruksi Ketua Bawaslu RI dan bawaslu Provinsi Sumsel sebelum melaksanakan pengawasan tahapan Pilkada Verifikasi Faktual Bacalon Independent.

Sehingga kata dia, saat melaksanakan pengawasan seluruh petugas dalam keadaan sehat dan tidak terpapar Covid-19. Selain itu petugas yang turun kelapangan diwajibkan menggunakan APD seperti masker dan mematuhi protokol kesehatan.

“Kegiatan ini selain memastikan petugas kita bebas Covid-19, juga salah satu lengkah memutus penyebaran virus corona di Kabupaten OKU Timur. Dimana jika seluruh petugas telah dinyatakan semuanya negatif, maka mereka akan nyaman dalam melaksanakan pengawasan sesuai dengan juknis dan aturan yang ada. Begitu juga sebaliknya, jika ada yang terpapar maka kita akan mengambil tindakan,” jelas Benny.

Dikatakan, mengenai alat Rapid Test yang digunakan, pihaknya mendapatkan bantuan dari Bawaslu RI. Sedangkan untuk tenaga pengecekan Bawaslu OKU Timur bekerjasama dengan Dinas Kesehatan dan Puskesmas di tiap Kecamatan.

“Kita berharap hasil rapid test ini nantinya semua negatif. Sehingga seluruh petugas dapat melakukan pegawasan verfak dengan maksimal guna mewujudkan proses Pilkada di Kabupaten OKU Timur yang damai, aman dan bebas dari kecurangan,” pungkasnya. (inz).