Warga Perbaiki Rumah Yusuf

Rumah Yusuf dipasangi atap dari baleho. Beberapa waktu lalu, pemerintah desa bersama warga memperbaiki kerusakan rumah yang dihuni Yusuf dan putranya. Foto : Ist. (*)

OKU – Rumah yang ditempati Yusuf (83) dan putranya Syafri Abdullah (60) sedikit diperbaiki. Warga desa Laya, kecamatan Baturaja, bergotong-royong memperbaiki hunian yang lebih tepat disebut pondok tersebut. Pondok pria renta ini berdiri di tengah hutan perbatasan antara desa Laya dengan desa Batuputih, kecamatan Baturaja Barat.

“Dua pekan lalu, sudah diperbaiki oleh perangkat desa bersama warga,” ujar Elan, Kades Laya, kemarin (25/6).

Perbaikan pondok, sambung Elan sudah harus dilakukan. Sebab saat dikunjungi perangkat desa pertengahan Mei lalu, kondisi pondok itu rawan ambruk. “Sambil menunggu bantuan cukup untuk membangun pondok baru, ” ungkapnya.

Beberapa waktu lalu, perangkat desa sepakat, pondok Yusuf di tengah hutan dipindah. Alasannya, supaya keluarga itu ada teman selama menghuni kebun di atas bukit. Pondok baru tersebut, rencananya akan dibangun dari uang patungan perangkat desa dan donatur.

“Kasihan kalau masih di tengah hutan. Kita tawari agar pindah supaya ada tetangga yang menemani, ” tandasnya.

Sekedar mengingatkan, Yusuf warga desa Laya sudah puluhan tahun tinggal di tengah kebun di atas bukit. Interaksinya dengan penduduk, erputus sejak lama. Yusuf diketahui tinggal di kebun setelah Syafru Abdullah yang merupakan anaknya kerap ke pemukiman warga untuk mencari makanan. (stf)