Tes Mandiri Gunakan Ponsel Pintar

Peserta tes harus menjalani pemeriksaan suhu tubuh sebelum mengikuti tes mandiri di SMAN 4 OKU, kemarin (25/6). Foto: ist. (*)

OKU – Tes mandiri Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMAN 4 OKU berlangsung, kemarin (25/6) pagi. Tes PPDB di sekolah ini berbeda dengan sekolah lain.

150 peserta menjawab soal tes menggunakan ponsel pintar peserta. Masa pendaftaran PPDB jalur tes mandiri ini berlangsung pada 19 – 23 Juni.

“Alhamdulillah tes mandiri dengan sistem Computer Based Test (CBT) berjalan lancar. Tes ini lebih mudah dilaksanakan,” jelas Kepala SMAN 4 OKU Hj. Jumiati SPd MM didampingi Ketua PPDB SMAN 4 OKU Hikmatul Jauhari SPd.

Sebelum mengikuti tes, peserta harus mengikuti mekanisme protokol kesehatan Covid-19. “Tim medis dari puskesmas yang memeriksa kondisi kesehatan peserta tes. Setelah itu, peserta tes menggunakan hand sanitizer, dan disemprot disinfektan,” kata Jumiati.

Peserta tes juga harus jaga jarak dan wajib memakai masker. Setiap ruang tes hanya diisi 10 – 15 peserta.

Jumiati mengungkapkan, panitia tes berupaya keras untuk menutup celah peserta tes bertindak curang. Saat peserta sedang menjawab soal, peserta tak bisa menggunakan aplikasi lain di ponselnya.

“Bila peserta nekad melakukan hal tersebut, maka secara otomatis, komputer akan mengganggap peserta tersebut selesai menjalani tes,” tegas wanita berhijab ini. Peserta diberikan waktu 90 menit untuk menjawab 100 butir soal.

Untuk tahun ajaran 2020/2021 ini, SMAN 4 OKU memiliki kuota 216 siswa untuk kelas X. Hasil tes mandiri ini akan diumumkan pada 27 Juni besok di website SMAN 4 OKU. (jr8)