985 KPM Tak Bisa Terima Bantuan

KPM BST Kemensos mencairkan bantuan tahap II. Bagi KPM yang belum mencairkan bantuan tahap 1 dan 2 untuk saat ini belum bisa dibayar. Sebab, sistem data terblokir dari Kemensos. Foto : Mustofa/Oku Ekspres. (*)

OKU – Realisasi penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial masih menyisakan ratusan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang belum menerima bantuan tersebut. Alasannya, KPM tersebut belum mencairkan dana bantuan.

Dari tahap 1 dan tahap 2, total yang belum mencairkan sebanyak 985 KPM. Rinciannya, tahap 1 sebanyak 400 KPM dan tahap 2 sebanyak 585 KPM.

“Jumlah itu setelah dikurangi dengan data pengembalian yang diserahkan kecamatan ke kantor pos,” ujar Kepala Kantor Pos Baturaja Juhen Hendri didampingi Bagian Pemasaran Donny Farzon, kemarin (25/6).

Jumlah yang terakumulasi dari tahap 1 dan tahap 2, data yang dikembalikan sebanyak 327 KPM. Pengembalian data tersebut karena alamat KPM tidak ditemukan hingga KPM yang meninggal dunia tanpa ahli waris.

Sayangnya, KPM yang belum mencairkan hingga tahap 2, kantor pos belum bisa mencairkan bantuan tersebut. Namun, bukan berarti kantor pos yang menyulitkan KPM. “Sistemnya diblokir dari Kemensos. Jadi untuk pencairan bantuan tersebut harus menunggu hingga sistem terbuka lagi,” tandasnya.

Untuk diketahui, jumlah KPM pada BST tahap 1 yang sudah menerima bantuan sebanyak 21.048 KPM. Sedangkan di tahap II (6- 24 Juni), KPM yang menerima bantuan mencapai 20.863 KPM. (stf)