Targetkan Lima Ribu KK Nikmati Air Bersih

Direktur PDAM OKU Abi Kusno dan jajaran mengikuti Video Conference Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Wilayah 1 tentang progres pelaksanaan pekerjaan pengembangan Sistem Pengelolaan Air Minum (SPAM) TA 2020 Provinsi Sumatera Selatan. Foto : Ist. (*)

OKU – Direktur PDAM Tirta Raja Abi Kusno SE didampingi Kabag Umum Djohan S SE; Kabag Tekhnik, Asril SST dan Koordinator IPA Lubuk Raja, Hasnir, mengikuti video conference (vidcon) Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Wilayah 1 tentang kemajuan pengembangan Sistem Pengelolaan Air Minum (SPAM) TA 2020 Provinsi Sumatera Selatan.

Video konferens yang digelar, kemarin (24/6) siang, berlangsung di ruang kerja Direktur PDAM Tirta Raja. Vidcon yang dipimpin Wijayanto, perwakilan Kementrian PUPR Wilayah 1 PU PR Wilayah 1, diikuti seluruh pimpinan PDAM se Sumatera Selatan.

Direktur PDAM Tirta Raja, Abi Kusno didampingi Humas, Elfanco, membeberkan, SPAM Unit 3 Batumarta, Kecamatan Lubuk Raja, telah beroperasi dan diresmikan penggunaannya oleh Bupati OKU, H Kuryana Azis, pada 21 Januari lalu. “SPAM ini berkapasitas 60 liter/detik,” ungkap Abi.

Ditambahkan Abi, secara keseluruhan pembangunan SPAM di IPA Lubuk Raja dibutuhkan dana sekitar Rp70 miliar. Untuk membangun SPAM dan jaringan pipa induk hingga ke rumah pelanggan di Lubuk Raja. “Targetnya ada 5.000 warga bisa menikmati layanan air bersih,” urai Abi.

Diterangkan Abi, pembangunan SPAM IPA Lubuk Raja diterima OKU secara bertahap hingga tahun ini. Tahap awal, pada 9 April 2018 mendapatkan kucuran Rp13,6 miliar untuk membangun jaringan distribusi air bersih dari sumber bahan baku ke SPAM Lubuk Raja, serta Rp20 miliar untuk membangun booster PAM dan jaringan pipa sepanjang 13 kilometer dari SPAM ke rumah warga.

“Pembangunan tahap pertama sudah rampung dan sebanyak 800 kepala keluarga di Lubuk Raja terhitung awal Februari 2019 sudah bisa menikmati layanan air bersih,” terang Abi.

Selanjutnya pembangunan akan terus dilakukan. Sehingga semuanya sudah rampung ada. “Targetnya 5.000 kepala keluarga di Lubuk Raja bisa menikmati layanan air bersih dari PDAM OKU,” pungkas Abi. (bet)