RS Kaji Jam Besuk Pasien

Kendati Kabupaten OKU zona hijau, namun rumah sakit masih belum membuka jam besuk. Rumah sakit akan mengkaji aturan jam besuk agar sesuai dengan protokol kesehatan. Foto: Mustofa/Oku Ekspres. (*)

OKU – Kabupaten OKU saat ini berada di zona hijau. Per 21 Juni, seluruh pasien positif covid 19 di Kabupaten OKU yang berjumlah 40 orang dinyatakan sembuh. Kepastian ini diperoleh setelah para pasien menjalani tes swab di Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Palembang.

Kendati dinyatakan nol Covid 19, rumah sakit (RS) di Kabupaten OKU masih belum membuka jam kunjungan pasien. Sejauh ini,  rumah sakit masih mengkaji standar layanan jam besuk pasca zona merah.

“Layanan jam besuk belum dibuka,” ujar Juru Bicara RSUD Ibnu Sutowo Hadi Sukanto, kemarin (24/6).

Pihaknya, sambung Hadi, akan mengevaluasi jam besuk. Supaya, kata dia, tidak terjadi kerumunan orang di ruang perawatan atau di rumah sakit. “Evaluasi sedang berlangsung. Untuk sekarang, layanan poliklinik sudah dibuka semuanya,” terangnya.

Senada diungkapkan manajemen Rs Dr Noesmir Baturaja. Kepala Rumah Sakit (Karumkit) dr Hengki Irawan M. Biomed, Sp. A menyebutkan, jam besuk pasien masih dirapatkan. “Tujuannya supaya tidak ada penumpukan pengunjung,” jelas Hengki.

Besuk pasien, sambung Hengki, hanya dibolehkan untuk keluarga jauh dari luar kota. Dengan catatan pengunjung tetap menerapkan protokol kesehatan. “Kasihan keluarga pasien tidak bisa masuk. Tapi jumlah pembesuk dibatasi, maksimal 2 orang masuk secara bergantian,” tandas Hengki. (stf)