PPDB dengan Sistem Kumulatif

Seorang guru melayani orang tua calon siswa yang mendaftar ulang di SMPN 3 OKU. Foto. Ist. (*)

OKU – Pendaftaran ulang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMP memasuki hari ketiga. Kemarin, merupakan hari terakhir pendaftaran ulang. Contohnya SMPN 3 OKU.

Pendaftaran ulang PPDB ini digelar di halaman sekolah. Hal ini dilakukan untuk mengikuti protokol kesehatan Covid-19. “Pendaftaran ulang di halaman sekolah ini untuk menghindari keramaian di dalam ruang,” ucap Kepala SMPN 3 OKU Sukarjo SPd, kemarin (24/6). Petugas pendafataran ulang pun menggunakan masker.

Untuk masuk SMPN 3 OKU, sekolah hanya mengunakan sistem kumulatif. Artinya sekolah asal membawa surat kuasa dari orang tua/wali murid untuk mendaftarkan ke SMP yang dituju. Sehingga setiap siswa atau pun orang tua wali murid sama sekali tidak perlu datang mendaftar ke sekolah yang dituju.

Ada tujuh SD negeri dan swasta yang sudah terdaftar dalam sistem zonasi. Setiap SD mendaftarkan siswanya yang masuk zona yang ditetapkan Disdik OKU.

Untuk mengurangi kontak langsung, sekolah asal mengirim data siswa yang akan sekolah di SMPN 3 OKU. Sekolah ini juga tidak menggelar pendaftaran secara online atau daring. Hal ini disebabkan warga masih belum memahami pendaftaran dengan koneksi internet tersebut. (gun)