Posyandu Dibuka di Puskesmas

Wulandari memberikan imunisasi pada anak di posyandu yang dibuka di puskesmas. Foto: gunawan/oku ekspre. (*)

OKU – Pasca Kabupaten OKU ditetapkan sebagai zona hijau lagi, pelayanan publik mulai dibuka kembali. Salah satunya pos pelayanan terpadu (posyandu). Sejak Covid-19 melanda, posyandu di setiap desa di Kecamatan Lubuk Raja ditutup.

Hal ini dilakukan untuk memutus penyebaran mata rantai virus corona. Penutupan ini masih berlangsung di Kecamatan Lubuk Raja. Untuk imunisasi lengkap ibu hamil, bayi dan balita, maka posyandu hanya dilaksanakan di puskesmas unit II.

“Posyandu di puskesmas ini sudah berlangsung sejak April lalu,” ucap Wulandari, petugas puskesmas, kemarin (24/6). Posyandu ini digelar di halaman puskesmas. Ia mengakui, petugas harus menerapkan protokol kesehatan.

Wulandari menjelaskan, jika tak ada posyandu selama corona, maka imunisasi bayi dan balita tidak lengkap. “Apalagi, posyandu di 7 desa di kecamatan Lubuk Raja tutup untuk sementara waktu. Posyandu hanya buka di puskesmas,” jelasnya.

Masyarakat sangat antusias datang ke posyandu untuk imunisasi anaknya. Setiap posyandu di puskesmas buka, masyarakat datang. Sebelumnya masyarakat tidak mengetahui posyandu dibuka di puskesmas. Namun, kader posyandu mengabarkan kepada warga bahwa posyandu di puskesmas buka.

Sampai saat ini, pengunjung posyandu di puskesmas terus meningkat. Alasannya, warga dari tujuh desa di kecamatan ini datang ke puskesmas untuk imuniasasi anak.