OKU Selatan Kembali Raih WTP

Penyerahan WTP yang diterima langsung oleh Bupati OKU Selatan di Gedung BPK RI Sumsel, Senin (22/6). Foto : Anto/HOS. (*)

OKU SELATAN – Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) Perwakilan Sumatera Selatan (Sumsel), kemarin memberikan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan.

Dengan diberikannya WTP Atas Laporan Keuangan Tahun Anggaran 2019 ini berarti Pemerintah kabupaten OKU Selatan telah menerima predikat WTP sebanyak 6 kali berturut-turut yakni tahun 2015, 2016, 2017, 2018, 2019 dan 2020.

Penghargaan ini sendiri diserahkan langsung oleh Kepala BPK RI Perwakilan Sumsel Harry Purwaka CSFA dan diterima langsung oleh Bupati Popo Ali Martopo dan Ketua DPRD Heri Martadinata di Gedung BPK RI Sumsel, Senin (22/6).

Kepala BPK RI Perwakilan Sumsel, Hary Purwaka, mengatakan opini WTP adalah penilaian pemeriksa atas kesesuaian penyusunan laporan keuangan daerah yang dianggap sudah memenuhi kriteria standar akuntansi keuangan Pemerintah.

“Saya ucapkan selamat kepada Kabupaten OKU selatan atas pencapaian meraih kembali WTP tersebut,” kata Hary dalam acara penyerahan dan penandatanganan berita acara serah terima LHP LKPD Tahun Anggaran 2019 OKU Selatan di Kantor BPK Perwakilan Sumsel, Palembang tersebut.

Hary berharap Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKU selatan dapat terus mampu mempertahankan predikat WTP yang telah diraih tersebut.

Karena menurutnya, peraihan predikat tersebut merupakan momentum untuk mendorong akuntabilitas, dan transparansi kualitas pengelolaan keuangan negara.

“WTP memang bukan sebuah jaminan, namun jadi momentum untuk mendorong akuntabilitas dan transparansi dalam hal pengelolaan keuangan daerah,” jelas Hary.