Penyaluran BLT-DD Sumber Bahagia Rampung

Para undangan penerima BLT-DD desa Sumber Bahagia, kecamatan Lubuk Batang. Foto: herli yansah/oku ekspres. (*)

OKU – Sebanyak 137 kepala keluarga di desa Sumber Bahagia, kecamatan Lubuk Batang menerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) bulan ketiga. 137 KK tersebut merupakan warga yang terdampak Covid -19 yang tidak menerima bantuan PKH, BPNT, ataupun BST.

Bantuan BLT-DD yang diserahkan Kades Sumber Bahagia Jatmiko dilakukan di kantor desa Sumber Bahagia. Serah terima BLT-DD ini dihadiri Kapolsek Lubuk Batang AKP Ujang Abdul Azis, Ketua BPD Budi Sumarso, pendamping desa Azir, serta perangkat desa.

Kades Sumber Bahagia Jatmiko mengatakan, jumlah penerima BLT-DD di desanya cukup banyak. Hal ini dikarenakan pengajuan Bantuan Sosial Tunai (BST) dengan untuk 195 KK hanya disetujui 146 KK. “Sisanya kita masukkan di penerima BLT -DD ini,” ujar Jatmiko.

Menurutnya, beberapa bantuan pemerintah pusat maupun daerah telah diterima masyarakat dan tepat sasaran. “Alhamdulillah hampir 90% masyarakat telah terbantu dengan program pemerintah ini. Bantuan ini telah disalurkan tepat sasaran karena mayoritas warga desa ini adalah petani karet yang terkena dampak Covid-19 ini,” lanjutnya.

Ia berharap masyarakat yang menerima bantuan bisa menggunakan bantuan tersebut sebaik mungkin. “Bantuan pemerintah ini tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari- hari. Namun ini adalah bentuk perhatian dari pemerintah untuk meringankan beban di tengah pandemi Covid-19 ini. Jadi jangan gunakan bantuan ini untuk berfoya-foya,” harap Jatmiko.

Sementara itu, Kapolsek Lubuk Batang AKP Ujang Abdul Azis juga menghimbau masyarakat untuk mengedepankan protokol kesehatan meski wabah Covid -19 sudah berkurang di Kabupaten OKU. “Tetap pakai masker, jaga jarak, serta jangan berkerumun dalam jumlah yang banyak. Hal ini untuk mencegah penyebaran virus Covid-19,” tegas Ujang. (lee/adv)