Lubuk Batang Baru Rampung Salurkan BLT- DD

Kades Lubuk Batang Baru Randi Arnovan menyerahkan bantuan secara simbolis. Foto: Herli Yansah/Oku Ekspres. (*)

OKU – Sebanyak 117 Kepala Keluarga (KK) di desa Lubuk Batang Baru, Kecamatan Lubuk Batang, menerima dana Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD)  bulan III. Bantuan tersebut diserahkan oleh kades Lubuk Batang Baru Randi Arnovan di kantor desa tersebut.

Penyerahan bantuan tersebut dihadiri ketua BPD Lubuk Batang Baru Zahrudin SE,  serta seluruh perangkat desa setempat.

Kades Lubuk Batang Baru Randi Arnovan menyampaikan bantuan yang disalurkan tersebut merupakan bantuan bulan terakhir dari Dana Desa sesuai dengan perintah pemerintah.

“Sebelumnya kita telah menyalurkan bantuan bulan I dan II di bulan Mei. Nilainya Rp600 ribu/bulan. Untuk April dan Mei, kita cairkan sekaligus jadi nilainya Rp1,2 juta. Kali ini hanya untuk bulan Juni jadi nilainya Rp600 ribu,” ucap Randi.

Randi juga mengatakan bantuan yang diterima masyarakat tersebut merupakan kepedulian pemerintah kepada masyarakat yang terdampak Covid-19. “Namun bantuan ini sifatnya sementara, bukan selamanya. Jadi gunakanlah sebaik mungkin karena bantuan tersebut belum tentu akan ada lagi,” kata Randi.

Ia mengakui ia mendapat informasi mengenai perpanjangan masa penyaluran bantuan yang direncanakan pemerintah hingga bulan September. “Namun saya belum mau menebar janji karena informasi itu belum ada kejelasan. Takutnya nanti masyarakat terlanjur berharap,” lanjutnya.

Menurut informasi yang ia terima, pemerintah akan memperpanjang masa penyaluran BLT -DD selama 3 bulan yakni bulan Juli, Agustus, dan September. “Kalau pun berlanjut  nominal bantuannya dipangkas 50%. Dari semula Rp600 ribu menjadi Rp300 ribu. Tapi ini baru wacana. Kita tunggu saja nanti kejelasannya,” pungkas Randi. (adv/lee)