Perbaikan, Distribusi Air Terganggu

Foto : Dok. PDAM OKU. Petugas PDAM OKU memperbaiki skriner pompa intake UP Tanjung Agung. Banyak sampah yang terjebak, namun tidak bisa keluar dari rumah penangkap sampah. (*)

BATURAJA BARAT – Distribusi air bersih ke pelanggan PDAM di kecamatan Baturaja Barat terganggu sejak dua hari terakhir. Hal ini disebabkan, PDAM memperbaiki skriner pompa intake 1.

“Dua hari lalu, skriner pompa 2 yang diperbaiki. Proses perbaikan tidak lama, hanya setengah hari,” ujar Direktur PDAM OKU, H Abi Kusno melalui Kepala Unit Pengolahan (UP) Tanjung Agung, Masri, kemarin (11/6).

Skriner pompa intake memiliki peran penting untuk mengamankan pipa menyedot dari sampah yang hanyut di sungai. “Banyak sampah yang tersedot. Mulai dari lumpur, pohon pisang hingga plastik. Tapi yang bikin repot adalah sampah karung yang masuk ke bagian pompa. Karung ini tak bisa keluar dengan sendiri,” jelasnya.

Ia mengakui, skriner itu baru dibuat. Namun, dua bulan terakhir hujan turun sangat deras sehingga membuat debit sungai naik tinggi. “Saat sungai banjir, sampah dari hulu sungai banyak yang hanyut dan tersangkut,” terangnya.

Selama dua hari perbaikan, distribusi air tetap berjalan. Namun, tidak maksimal. Hanya daerah yang dekat UP Tanjung Agung dan rendah yang masih menerima distribusi air bersih. (stf)