KPAD Sumsel Nobatkan SMAN 1 Jadi SRA

OKU – SMAN 1 OKU menerima penghargaan dari Komisi Perlindungan Anak Daerah (KPAD) Sumatera Selatan oleh Ketua KPAD Sumsel H Eko Wirawan SH, kemarin (3/6) di halaman SMAN 1 OKU. Sekolah ini dinobatkan sebagai Sekolah Ramah Anak (SRA) tahun 2020.

Ketua KPAD Sumsel H Eko Wirawan SH mengatakan, KPAD Sumsel telah menilai beberapa sekolah dengan beberapa indikator. Yaitu keamanan di kelas (CCTV di setiap kelas), kebersihan lingkungan, kamar mandi, dan pemahaman dewan guru tentang mendidik anak tanpa kekerasan. “Guru Bimbingan Konseling (BK) harus memiliki ilmu konselor atau psikolog,” kata Eko.

Untuk di Kabupaten OKU, ada dua SMA yang menerima penghargaan ini. Salah satunya SMAN 1 OKU. “Pengawasan sekolah ini sudah dilakukan sejak Maret 2020 lalu,” jelasnya.

SRA dinilai cukup objektif karena sudah diuji di lapangan maupun materi. Ia mengatakan, KPAD tidak hanya berkecimpung pada kekerasan anak namun juga mengarahkan kemampuan dan bakat anak pada jalur yang tepat.

”Contoh anak yang berbakat di bidang olah raga, disalurkan ke KONI . Kita berharap ada sinergi antara sekolah dan KPAD Sumsel,” harapnya.

Kepala SMAN 1 OKU Anwar S.Pd ,MM mengatakan, penghargaan dari KPAD Sumsel ini menjadi motivasi bagi warga SMAN 1 OKU untuk lebih memperhatikan dan menyayangi  anak. “Sehingga anak-anak dapat belajar di sekolah dengan nyaman,” ucap Anwar.

Selain piagam ramah anak, SMA N 1 OKU juga pernah mendapat sertifikat sadar hukum dari Pengadilan Tinggi Sumsel pada 2019 lalu, sekolah inklusi, sekolah zonasi 2019 dan sekolah pendidikan keluarga dari BKKBN. ”Semoga amanah yang diberikan ini bisa kami tingkatkan, minimal dapat dipertahankan,” pungkas Anwar. (wen)