Bantah Ada Pembongkaran Makam

OKU – Camat Lubuk Batang Helni Purnanengsih SE  membantah kabar sebuah makam dibongkar warga. Makam yang dikabarkan dibongkar tersebut merupakan makam warga desa Bandar Agung, kecamatan Lubuk Batang, yang berinisial M. M yang meninggal dunia beberapa waktu lalu dimakamkan sesuai protokol Covid-19. Nah makan ini dikabarkan dibongkar oleh pihak keluarga untuk dimakamkan ulang.

“Makamnya tidak jadi dibongkar. Saya sudah konfirmasi keoada kepala desa dan tidak ada pembongkaran makam di desa Bandar Agung,” ujar Helni.

Helni mengakui, sebelum M dimakamkan, keluarga M berencana akan membongkar makam M yang dimakamkan dengan protokol Covid -19  jika hasil swab negatif corona. “Namun itu hanya rencana. Kenyataanya, makam tidak jadi dibongkar meskipun hasil laboratorium menyatakan M negatif corona,” lanjut Helni.

Helni juga tidak mengetahui pasti alasan keluarga M berencana membongkar makam M jika negatif Corona. Kemudian, ia juga tidak mengetahui alasan pembatalan rencana tersebut. “Mungkin keluarga M telah bermusyawarah hingga tidak jadi membongkar makam M,” lanjutnya.

Senada diungkapkan Kades Bandar Agung Adi Iskandar ST. Adi juga membantas kabar pembongkaran makam M. “Sampai saat ini tidak ada makam yang dibongkar,” tegas Adi.

Diakuinya, ia pernah mendengar rencana pembongkaran makam oleh keluarga M jika hasil swab M negatif corona . “Sekarang keluarga M tidak lagi membicarakan masalah itu. Kita tidak tahu apa alasannya,” lanjut Adi.

Sebagai pemerintah desa, ia tidak menganjurkan namun juga tidak melarang jika keluarga M ingin membongkar makam M tersebut. “Pemerintah desa tidak punya hak melarang. Sebaiknya tidak usah dibongkar,” pungkasnya. (Lee)