48 Petugas Damkar Dirumahkan

OKU – Penambahan dua kasus Covid-19 menambah panjang daftar positif Covid -19 di kabupaten OKU. Bukan hanya di kota Baturaja, kini sudah penyebaran sudah ke kecamatan. Penambahan dua kasus baru Corona berasal dari pemadam kebakaran Kabupaten OKU.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan OKU Aminilson mengatakan, kedua petugas yang positif Covid-19 adalah satu anggota pos regu 2 kecamatan Sosoh Buay Rayab dan satu  anggota pos regu 2 kecamatan Lubuk Batang.

Ketika mengetahui ada petugas yang terpapar Covid-19, Aminilson mengambil tindakan dengan merumahkan sementara seluruh regu di kecamatan Sosoh Buay Rayap dan kecamatan Lubuk Batang.

“Petugas dari dua pos tersebut dirumahkan selama 14 hari mendatang. Jumlah total petugas yang dirumahkan saat ini berjumlah 48 orang. Sedangkan untuk mobil kendaraan pemadam dipindahkan ke Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan,” jelasnya.

Aminilson menambahkan, 48 petugas yang dirumahkan tersebut agar bisa memutus rantai penyebaran virus Covid -19. “Kita juga sudah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan untuk memutuskan 48 petugas tersebut akan dilakukan tes swab atau tidak. Selain itu, rumah dua petugas telah disemprot disinfektan,” lanjut Aminilson.

Camat Lubuk Batang Helni Purnanengsih SE membenarkan ada salah satu petugas pemadam kebakaran yang tinggal di kecamatan Lubuk Batang positif corona. “Puskesmas Lubuk Batang sudah menyemprot disinfektan di tempat tinggal petugas. Petugas tersebut juga sedang menjalani isolasi mandiri,” ujar Helni.

Helni menambahkan, ia sudah berkoordinasi dengan beberapa kades karena 5 dari 8 petugas pemadam kebakaran tersebut merupakan warga kecamatan Lubuk Batang. “Kita sudah minta kepada kades untuk mengisolasi warga yang merupakan petugas pemadam kebakaran,” lanjut Helni.

Saat ini, kata Helni, rumah dinas camat yang dijadikan tempat tinggal oleh petugas pemadam kebakaran sudah dalam kondisi kosong dan terkunci. “Rumah dinas camat sudah dikosongkan dan mobil pemadam sudah ditarik ke Baturaja,” pungkas Helni. (lee)