Wajib Menikah di KUA

Pasangan pengantin menikah di KUA Lubuk Raja. Foto: gunawan/oku ekspres. (*)

OKU – Kantor Urusan Agama (KUA) Lubuk Raja sudah kembali melayani pernikahan. Hal ini berdasarkan surat edaran terbaru dari Kemenag RI, Surat Edaran (SE) No 15/2020 tentang Panduan Penyelenggaraan Kegiatan Keagamaan di Rumah Ibadah dalam Mewujudkan Masyarakat Produktif dan Aman Covid-19 di Masa Pandemi.

Surat tersebut mengatur pelaksanaan pernikahan. Sebelumnya, Kemenag OKU melarang pernikahan karena Covid-19 (corona).

Kabar bahagia ini pun disambut sukacita. Saat ini sudah ada 10 calon pengantin yang mendaftar untuk menikah di bulan ini di KUA Lubuk Raja. “10 calon pengantin sudah mendaftar dan tercatat di kantor KUA Lubuk Raja,” ucap Kepala KUA Lubuk Raja Husnul Yakin melalui pegawai KUA Lubuk Raja Agus Setiyo, kemarin (2/6).

Sesuai dengan peraturan baru, calon pengantin harus menikah di kantor KUA, tidak boleh menikah di rumah. “Jika ada calon pengantin yang ingin menikah di rumah, maka calon pengantin harus membuat surat pernyataan bermaterai.

Salah satu syarat yang harus dipenuhi, calon pengantin harus melaksanakan protokol kesehatan Covid-19,” jelas Yakin. Setelah mendaftar di KUA, calon pengantin diimbau untuk menikah di kantor KUA. Hal ini dilakukan untuk menghindari kerumunan massa yang dapat menyebarkan Covid-19. (gun)