Hidup New Normal sebagai Peradaban Baru

Semaun Naidu,M.Pd. (Kepala SDN 29 OKU)

Koronavirus atau coronavirus adalah sekumpulan virus dari subfamili Orthocoronavirinae dalam keluarga Coronaviridae dan ordo Nidovirales. Kelompok virus ini yang dapat menyebabkan penyakit pada burung dan mamalia (termasuk manusia).

Pada manusia, koronavirus menyebabkan infeksi saluran pernapasan yang umumnya ringan, seperti pilek, meskipun beberapa bentuk penyakit seperti SARS, MERS, dan COVID-19 sifatnya lebih mematikan.

Beberapa sumber dan ahli menyebutkan bahwa Koronavirus diyakini menyebabkan 15–30% dari semua pilek pada orang dewasa dan anak-anak. Koronavirus manusia yang ditemukan pada tahun 2003, SARS-CoV, yang menyebabkan sindrom pernafasan akut berat (SARS), memiliki patogenesis yang unik karena menyebabkan infeksi saluran pernapasan bagian atas dan bawah. Belum ada vaksin atau obat antivirus untuk mencegah atau mengobati infeksi koronavirus manusia.

Berita Kompas.com menyatakan jumlah kasus virus corona jenis baru atau SARS-CoV-2 penyebab penyakit Covid-19 mencapai 6 juta kasus di seluruh dunia pada Minggu (31/5/2020). Sementara di Indonesia Berdasarkan laporan data pada akun Twitter @BNPB_Indonesia, Minggu (31/5/2020) sore, tercatat ada 700 kasus baru.