27 Pot Bunga Dirusak

Petugas Dinas Perumahan Kawasan Permukiman OKU membersihkan pot yang dirusak tangan jahil tak bertanggung jawab. Foto : Ist. (*)

OKU – Oknum masyarakat dinilai belum mampu menjaga keindahan kota Baturaja. Sebab, beberapa fasilitas keindahan dirusak. Sejak awal Ramadan hingga kemarin, Dinas Perumahan Kawasan Permukiman OKU mencatat terdapat 27 pot besar dirusak oleh orang tak dikenal.

“Pot bunga dipecah hanya untuk mengambil bunganya,” ujar Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman, H Aulia Mahdi melalui Kabid Permukiman, H Mujaim, kemarin (27/5).

Menurut dia, perusakan pot bunga sengaja dilakukan karena ingin mengambil bunga hias yang tertanam. Penjelasan itu diterimanya dari salah satu pelaku perusakan yang berhasil diamankan.

“Jadi pelaku ini mau ambil bunga di pot. Namun, karena bunga hias tidak bisa dicabut dari pot, pelaku memecahkan potnya. Pelaku ini pernah ditangkap tahun lalu,” jelasnya.

Jika dirupiahkan, pot dan bunga bernilai lebih kurang Rp1 juta. Artinya dengan ulah pelaku, pemerintah dirugikan sekitar Rp27 juta.

Banyaknya kerusakan pot serta hilangnya bunga hias, pihaknya sejak kemarin melakukan survei sulam. Keberadaan pot ganda dibagi. Pot yang kosong ditanam ulang.