258 Napi Dapat Remisi

Salah satu keluarga warga binaan mengirimkan makanan di rutan kelas IIB Baturaja. Foto: herli yansah /oku ekspres. (*)

OKU – Sebanyak 258 narapidana (napi) rumah tahanan (Rutan)  Kelas IIB Baturaja mendapat remisi atau pengurangan masa tahanan Hari Raya Idul Fitri 1441 H. Besaran resmisi yang diperoleh para napi tersebut bervariasi, antara 15 hingga 45 hari.

Kepala Rutan  Kelas IIB Baturaja Royhan  Al Faisal Amd. IP SH,MH, melalui Kasubsi peyanan tahanan Mirullah SE, MM mengatakan, remisi yang diperoleh napi tersebut bervariasi, tergantung dari masa tahanan. “64 orang mendapat remisi 15 hari, 172 napi mendapat remisi 30 hari (1 bulan), dan 22 orang mendapat remisi 45 hari,” ujar Mirullah.

Sedangkan untuk remisi bebas tidak ada. “Untuk tahun ini, tidak ada napi yang mendapat remisi bebas. Apalagi, kemarin sudah ada yang bebas lewat asimilasi Covid -19,” terang Mirullah.

Sementara itu, Rutan Kelas IIB Baturaja tidak menggelar kunjungan keluarga pada hari raya Idul Fitri 1441 H karena saat ini masih wabah corona. “Kita hanya menerima pengiriman makanan untuk napi. Kita tidak mengizinkan keluarga tahanan masuk rutan,” jelas dia.

“Untuk mencegah penyebaran corona di rutan, kunjungan keluarga ditiadakan. Bahkan untuk pengiriman makanan, petugas tetap melaksanakan protokol kesehatan dengan memeriksa keluarga yang mengirimkan makanan untuk napi,” imbuh Mirullah.

Namun begitu, sambung Mirullah, Rutan Kelas IIB menyediakan media video call untuk narapidana yang ingin berkomunikasi tatap muka kepada keluarganya. “Meski tidak menerima kunjungan, namun kita sediakan media video call untuk warga binaan yang ingin melepas rindu kepada keluarganya,” pungkasnya. (lee)