Perbaikan Jembatan Terkendala Anggaran

Pemerintah kecamatan Ulu ogan bersama Dinas PUPR OKU meninjau kerusakan jalan dan jembatan. Foto : Ist. (*)

OKU – Sejak air sungai Ogan di kecamatan Ulu Ogan meluap, jembatan Kisiran di desa Gunung Meraksa, kecamatan Pengandonan, rusak parah. Akibat banjir bandang di beberapa desa di kecamatan Ulu Ogan, oprit jembatan tersebut terdampak cukup parah.

Oprit retak memotong badan jalan. Namun, belakangan bukan saja oprit yang rusak, tapi berdampak pangkal jembatan yang amblas. Hal ini karena, debit air yang masih tinggi dan berarus deras.

Minggu (17/5) Kepala Dinas PU PR OKU Chandra Dewana meninjau akses vital ke kecamatan Ulu Ogan yang rusak tersebut. “Sekalian meninjau beronjong dan jembatan gantung serta sawah pasca kena banjir,” ujar Chandra, kemarin (18/5).

Menurut pengamatannya, jembatan itu tidak bisa diperbaiki. Sebab, kerusakannya cukup parah. Namun demikian, hal tersebut perlu dikaji lebih dalam. Sehingga dapat disimpulkan, apa yang akan dilakukan terhadap kerusakan ini. “Skenario terburuknya adalah jembatan ini harus dibongkar dan bikin baru,” pungkasnya.

Ia juga mengakui, kondisi keuangan pemerintah sekarang tidak memungkinkan untuk memperbaiki jembatan. Jalur tersebut untuk saat ini tertutup bagi kendaraan Karena sangat berbahaya. (stf)