PSC 119 Terapkan Standar Kesehatan

Personil PSC 119 SS Kabupaten OKU menjamput pasien terduga Covid – 19 dievakuasi ke rumah sakit rujukan. Foto: Ist. (*)

OKU – Publik Safety Center (PSC) 119 Sebimbing Sekundang Kabupaten Ogan Komering Ulu, mendapat tugas khusus melakukan evakuasi kepada pasien yang diduga positif corona dan mengantarkannya ke Hotel Baturaja dan RS St Antonio Baturaja sebagai rumah sakit rujukan pasien corona.

“Saat tanggap darurat corona, tugas bertambah untuk menjemput pasien tersebut. Dengan alur, saat ada pasien dirujuk, PSC melakukan dalam hal penggunaan Alat Pelindung Diri (APD),” ucap Kepala Dinas Kesehatan OKU, H Husni Tamrin SE MM melalui Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan, Anuar Fahri SKM didampingi Koordinator PSC 119 SS OKU, H Ali Sadikin SKM.

Diterangkan Anuar, tim PSC 119 SS Kabupaten OKU menjadi garda terdepan, berangkat menuju lokasi evakuasi dengan mengenakan alat pelindung diri lengkap dan personil lainnya melakukan back up dengan membawa alat semprot disinfektan. “Kami harus hati-hati dan safety dalam melakukan evakuasi termasuk ketika tiba di lokasi,” beber Anuar.

Diterangkan Anuar, personil PSC 119 SS OKU tidak semata hanya untuk penanganan corona, tetapi semua penanganan musibah dengan diperkuat dengan armada ambulan yang selalu siaga 24 jam.

“Personil PSC 119 SS OKU merespons cepat. Di tengah kondisi seperti sekarang, petugas tentu tidak mau ambil risiko. Setiap kasus berusaha ditindaklanjuti untuk meminimalisasi petugas garda terdepan terpapar penyakit,” terang Anuar.

Ditambahkan Anuar, di masa pandemi wabah – 19, pihaknya menerapkan standar pencegahan dan kewaspadaan yang tinggi dalam setiap tindakan terhadap laporan kedaruratan yang memerlukan penanganan medis, dengan memakai APD lengkap ketika mendatangi lokasi pasien atau pelapor.

“Petugas kita di lokasi pasti bersentuhan langsung dengan fisik pasien, jadi kita antisipasi dengan penggunaan APD lengkap setiap kali menindaklanjuti laporan,” pungkas Anuar. (pwr)