Jalan Retak, Longsor Mengintai

Retakan jalan di pangkal jembatan kisiran desa Gunung Meraksa, Pengandonan. Kerusakan itu akibat banjir bandang yang terjadi, Sabtu petang. Foto : Ist. (*)

OKU – Ancaman longsor mengintai jalan utama kecamatan Ulu Ogan dari Jl Lintas Sumatera. Pasalnya, seusai banjir bandang di kecamatan yang berbatasan dengan Muara Enim itu muncul retakan besar di badan jalan.

“Baru ketahuan jalan retak besar ini Minggu pagi,” ujar Diki warga setempat, kemarin (11/5). Dijelaskan Diki, titik retakan jalan berada di oprit jembatan Kisiran. Jalan dan jembatan ini sebenarnya bukan wilayah Ulu Ogan, tapi masuk kecamatan Pengandonan. Dirinya menduga, retakan oprit jembatan akibat luapan air sungai, 9 Mei petang.

Oprit adalah timbunan tanah di kedua sisi jembatan yang menghubungkan jembatan dengan jalan. “Kalau jalan ini putus, warga tak bisa ke dusun atau keluar dusun. Bila lewat simpang Imam, agak ngeri jalurnya,” tambahnya.

Dirinya menyarankan warga yang akan ke kecamatan Ulu Ogan sebaiknya ditunda dulu sampai jalan diperbaiki.

Kepala BPBD OKU Amzar Kristopa melalui Pusdalops Gunalfi mengatakan, banyak faktor yang menyebab badan jalan mengalami keretakan besar. Tapi, kata Gunalfi, pada kasus banjir, retakan jalan bisa terjadi karena jalan berdampingan dengan Daerah Aliran Sungai (DAS).