Warga Rela Drainase Dibongkar

Bupati OKU H Kuryana Azis membersihkan drainase atau saluran air utama di antara Kelurahan Talang Jawa dengan Saung Naga. Drainase yang tersumbat dan tak maksimalnya fungsi gorong-gorong diduga menjadi penyebab banjir di kelurahan Talang Jawa. Foto : Mustofa/Oku Ekspres. (*)

OKU – Azis pengusaha ayam potong yang tinggal di perbatasan kelurahan Talang Jawa dan Tanjung Agung mengizinkan pemerintah membongkar gorong-gorong yang berada tak jauh dari kediamannya.

“Gorong-gorong itu sudah lama tak berfungsi. Lubang gorong-gorong memang tiga buah. Tapi hanya satu yang berfungsi, ” jelas Azis, Jumat (8/5) saat berbincang dengan Bupati OKU Kuryana Azis ketika menggelar Jumat Bersih.

Masih kata Azis, kondisi tersebut tidak hanya terjadi di  mulut gorong-gorong, tapi juga di ujung gorong-gorong yang bermuara ke anak sungai Ogan di kelurahan Tanjung Agung.  “Kalau mau dibongkar, silahkan. Asal banjir tidak lagi terjadi, ” ungkapnya.

Bupati OKU H Kuryana Azis sangat senang dengan kesediaan warga untuk mengatasi banjir yang selama ini terjadi di RT 10 dan RT 12 kelurahan Talang Jawa.

Pada Jumat Bersih pekan kemarin, Kuryana mengarahkan program tersebut ke kelurahan Talang Jawa. Sebab, dalam satu pekan, banjir terjadi dua kali di lokasi yang sama. Kepala Dinas PUPR OKU, Chandra Dewana meminta warga membuat pernyataan secara tertulis atas kesediaan pembongkaran drainase tersebut. “Harus ada surat hibahnya. Kalau tidak ada surat hibah, anggaran untuk membeli lahan tidak ada,” kata Chandra. (stf)