Tunggakan Pelanggan Capai Rp10 M

OKU – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) OKU mencatat, nilai tunggakan pelanggan menyentuh angka Rp 10 miliar hingga bulan ini. “Rata-rata tunggakan di atas tiga bulan,” ujar Direktur PDAM OKU H Abi Kusno melalui Kabag umum Djohan S SE didampingi Kasubsi Humas Elfanco SE, kemarin (9/5).

Angka tunggakan tersebut berasal dari 4.553 pelanggan PDAM OKU yang menunggak pembayaran iuran di atas tiga bulan. Sementara, 15.441 pelanggan aktif melunasi kewajiban bulanan.

“Penagihan sudah dilakukan setiap hari supaya nilai tunggakan tidak semakin besar. Bahkan, pemutusan sementara terpaksa dilakukan bagi pelanggan yang tidak mampu membayar,” jelasnya.

Dirinya mencontohkan, pada April lalu, ada 41 pelanggan PDAM Tirta Raja OKU yang harus diputus sementara. “Kalau pelanggan sudah melunasi tunggakan dan membayar denda, maka jaringan air bersih dipasang lagi,” ungkapnya.

Dirinya sangat berharap kepada pelanggan PDAM OKU agar aktif membayar rekening air tepat waktu. “Tunggakan iuran akan berdampak pada produktifitas. Karena dari retribusi pelanggan, perusahaan dapat beroperasi,” tandasnya. (stf)