2 Ribu KPM Bakal Terima BST

Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Bantuan Sosial Tunai (BST) mencairkan bantuan dari Kementerian Sosial RI di Kantor Pos Baturaja. Pencairan ini sudah dilakukan sejak Jumat lalu. Foto : Mustofa/Oku Ekspres. (*)

OKU –  Bantuan Sosial Tunai (BST) sejak tiga hari terakhir sudah dicairkan Keluarga Penerima Manfaat atau KPM di Kabupaten OKU. Kantor Pos Baturaja ditunjuk Kementerian Sosial RI sebagai juru bayar BST bagi warga yang terdampak Covid 19 di Kabupaten OKU.

“Untuk Kecamatan Baturaja Timur, ada sekitar 580 orang penerima BST,” ujar Kepala Kantor Pos Baturaja, Juhen Hendry. Dijelaskan Juhen, pencairan BST belum dilakukan seluruhnya. Sebab, data dari Kemensos RI baru 2 ribuan KPM dari beberapa kecamatan. Sementara, data keseluruhan penerima BST sekitar 17 ribuan KPM.

“Ada 15 ribuan mungkin (dikirim) di tahap kedua. Tapi danomnya (data nominatif) belum diterima, jadi jumlahnya belum bisa dipastikan,” jelas Juhen.

Pola pencairan BST, sambung Juhen, disepakati per kecamatan yang dijadwalkan. Seperti hari Jumat, pencairan untuk KPM kecamatan Baturaja Timur. Kemudian pada Sabtu (9/5), pencairan BST untuk kecamatan Baturaja Barat.

“Ada di hari tertentu, pencairan BST dijadwalkan untuk beberapa kecamatan. Ini dilakukan karena jumlah BST di kecamatan tersebut sedikit, sehingga pencairannya bisa digabungkan dengan kecamatan lain,” katanya.

Dirinya mencontohkan, kecamatan Lengkiti yang pencairannya bisa digabung dengan kecamatan lain di kantor Pos. Hal ini karena jumlah KPM di kecamatan Lengkiti tidak banyak. “Untuk kecamatan Peninjauan lihat data penerima. Kalau jumlahnya banyak, petugas pos yang mendatangi warga,” ungkapnya.

Selain bisa dicairkan KPM yang terdata, tapi juga oleh anggota di dalam KK KPM. Dengan catatan, perwakilan penerima bisa menunjukkan KTP dan KK asli untuk jaminan.