Longsor Tutupi Separuh Jalan

Timbunan longsor yang menimbun badang jalan di Simpang Pendagan. Foto : Anto/HOS. (*)

OKU SELATAN – Hujan Deras yang mengguyur Kabupaten OKU Selatan pada Minggu Malam (3/5) mengakibatkan terjadinya longsor di Lingkungan V (Lima) Kelurahan Muaradua tepatnya di Simpang Pendagan.

Akibatnya material longsor menimbun hingga setengah badan jalan setinggi 4 meter dengan panjang 6 meter. Ratusan hingga ribuan kubik material berupa batu, tanah dan kayu tersebut mengancam pemukiman warga yang terletak di Kawasan Simpang Pendagan, Kelurahan Pasar, Kecamatan Muaradua.

Pasalnya lokasi longsor tersebut hanya berjarak sekitar 4 meter dari rumah warga setempat.

Amir, salah satu warga dibincangi dilokasi longsor menyebutkan longsor itu sendiri terjadi setelah adanya hujan lebat yang melanda wilayah itu. Menurutnya material batu diatas Bukit diwilayah itu memang rawan sekali mengalami longsor.

Untuk itulah, ucapnya warga sekitar secara sukarela berjibaku membersihkan sebagian material longsor berupa kayu dan tanah tersebut. “Sesusai longsor terjadi warga sudah ada insiatif untuk membersihkan material longsor. Namun material longsor sulit dibersihkan dengan peralatan manual, harus menggunakan alat berat,” ucap Amir, Senin (4/5).

Dikatakannya keberadaan bukit yang tak jauh dengan pemukiman warga tersebut tentu terkadang membuat warga disektarnya merasa was-was. Apalagi, kalau hujan lebat, warga sangat khawatir bukit tersebut longsor, terlebih Material yang ada diatas bukit tersebut merupakan batu berukuran besar.

Sementara itu, Camat Muaradua Putra Bani S Sos MM mengatakan, perkiraan longsor tersebut terjadi pada 05.15 WIB dan lokasinya terdapat di RT 02 Lingkungan 11 Simpang Pendagan Kelurahan Pasar Muaradua Kecamatan Muaradua.