KPU Masih Tunggu Perppu

OKU – Rencana pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah Serentak pada 9 Desember mendatang, KPU OKU belum dapat berbuat banyak lantaran masih menunggu payung hukum pelaksanaan Pilkada serentak se Indonesia 2020. “Hingga saat ini kita masih menunggu Peraturan Pemerintah Pengganti Undang – undang (Perppu),” ucap Ketua KPU OKU, Naning Wijaya.

Rencana tersebut, lanjut Naning, dapat dilaksanakan jika pandemi Covid – 19 sudah berlalu. “Namun, jika wabah Covid – 19 ini belum berlalu, kemungkinan ada opsi yang lain,” ujar Naning.

Dikatakan Naning, sebelum pemerintah menetapkan Covid – 19 sebagai bencana nasional, pihaknya sudah menunda beberapa tahapan pilkada serentak di Kabupaten OKU. “Seperti, tahapan rekrutman Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP), tahapan Pemutakhiran Data Pemilih (PDP) dan verifikasi berkas calon perseorangan,” terang Naning.

Ditambahkan Naning, pemerintah belum menunda pelaksanaan Pilkada yang sebelumnya dijadwalkan pada 23 September namun penundaan pilkada saat ini berdasarkan KPU RI. “Jika Perppu sudah ditertibkan, maka ada regulasi yang melaksanakan kapan dilaksanakan melanjutkan tahapan pilkada,” ujar Naning.

Saat ini, lanjut Naning, pihaknya menyetop semua pelaksanaan tahapan pilkada serentak 2020, begitu juga dengan penggunaan anggaran sampai dengan tahapan yang sudah dilaksanakan. “Makanya, tahapan rekrutmen PPDP, tahapan PDP dan verifikasi berkas calon perseorangan tidak dilaksanakan lagi,” terang Naning.