Puskesmas Karya Mukti Gencar Sosialisasi

Bersama lintas sector dan masyarakat, petugas Puskesmas Karya Mukti lakukan penyemprotan disinfektan. Foto: Ist. (*)

OKU – Berbagai upaya mencegah penularan Covid – 19 di Kabupaten OKU terus digencarkan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten OKU. Selain terus mengingatkan masyarakat untuk menjaga kebersihan dan imunitas, edukasi mengenai virus terus dilakukan.

Melalui puskesmas, upaya mengedukasi warga dilakukan untuk memberikan informasi yang tepat mengenai covid – 19. Pasalnya, bukan tidak mungkin masih banyak masyarakat yang awam soal penyakit yang muncul pertama di Wuhan, China, sejak Desember 2019 lalu itu.

“UPTD Puskesmas Lubuk Batang memberikan penyuluhan edukasi dengan memanfaatkan media poster dan mobil ambulans. Petugas kesehatan berkeliling menggunakan mobil ambulans sambil memberikan edukasi melalui pengeras suara tentang covid – 19,” ucap Kepala Dinas Kesehatan OKU, H Husni Tamrin SE MM melalui Kepala UPTD Puskesmas Karya Mukti, Suharno SKM.

Dilanjutkan Suharno, dalam melakukan penyuluhan ini pihaknya bersama lintas sektor kecamatan Sinar Peninjauan, yakni Camat Sinar Peninjauan, Kapolsek Sinar Peninjauan, Dan Ramil Peninjauan, KUA, Kepala Desa, BPD, Ketua Dusun, Ketua RW/RT dan kader kesehatan di Kecamatan Sinar Peninjauan, memanfaatkan mobil ambulans milik puskesmas. Kemudian menggunakan pengeras suara untuk edukasi ke masyarakat tentang Covid-19.

“Berbagai informasi mulai dari informasi penyakit covid – 19, kemudian gejalanya, cara penularannya, hingga pencegahannya disampaikan kepada warga di wilayah kerja Puskesmas Karya Mukti,” terang Suharno.

Dikatakan Suharno, pihaknya berharap melalui penyuluhan ini warga dapat menenali gejala klinis covid -1 9. Seperti demam tinggi lebih dari 38 derajat celcius, batuk, pilek, sesak nalas, hingga sakit tenggorokan. “Sehingga apabila mengalami gejala tersebut bisa mengantisipasi untuk memeriksakan diri ke Puskesmas Karya Mukti,” imbuh Suharno.