Dua Hari, 41 Kades Dilantik

Bupati OKU H Kuryana Azis memasang tanda jabatan ke kades. Foto: ist. (*)

OKU – Bupati OKU H Kuryana Azis melantik dan mengambil sumpah 74 kepala desa terpilih periode 2020-2026 dari 12 kecamatan di Kabupaten OKU. Upacara pelantikan tersebut digelar di pendopo rumah Dinas Bupati OKU. Acara tersebut dibagi 8 sesi, pagi dan sore hari selama empat hari (20-23 April).

Bupati OKU Drs H Kuryana Azis mengatakan, proses pelantikan melalui protokol kesehatan yang cukup ketat.  Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran virus corona.

“Maka antar kepala desa dengan yang lainnya posisinya diberi jarak sesuai ketentuan untuk menerapkan social distancing dalam mencegah penyebaran virus corona,” jelas Kuryana.

Kuryana berpesan agar kades terpilih melaksanakan tugas dengan baik serta memberikan pelayanan kepada masyarakat, dapat menerima kritik dan saran, serta  melaksanakan tugas dengan segenap kemampuan.

“Saya mengucapkan terima kasih atas dedikasi para Kades sebelumnya yang telah digantikan oleh kades baru,” katanya.

Kades juga dituntut untuk lebih visioner, kreatif, dan inovatif serta mempunyai kewenangan untuk mengatur kehidupan masyarakat yang dituangkan dalam peraturan desa.

“Dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Demikian juga dengan penggunaan dana desa,” pesannya. Selama dua hari terakhir, Bupati OKU melantik dan mengambil sumpah 41 kades dari 74 kades. Terdiri dari 11 kades dari kecamatan Lubuk Batang, 11 Kades kecamatan Peninjauan, 11 Kades Lubuk Raja, 1 kades dari Baturaja timur, 4 kades dari Baturaja Barat, dan 3 kades dari Sosoh Buay Rayap. (adv)