Antisipasi Corona, Buka Posko di Tiap Desa

Pemeriksaan kesehatam dilakukan di luar dengan sistem. Foto: ist. (*)

OKU – Upaya pencegahan penyebaran virus covid – 19 di Batumarta, UPTD Puskesmas Lubuk Raja bekerjasama dengan lintas sektor Kecamatan Lubuk Raja membentuk posko covid – 19 di setiap desa di kecamatan Lubuk Raja.

“Setiap posko dijaga tim kesehatan yang ada di setiap desa. Tidak hanya tim kesehatan namun perangkat desa juga ikut dalam penjagaan posko tersebut,” ucap Kepala Dinas Kesehatan OKU, H Husni Tamrin SE MM melalui Kepala UPTD Puskesmas Lubuk Raja, dr Dwi Fenty Atri.

Diungkapkan Atri, selain disiapkan tempat mencuci tangan serta petugas diperlengkapi Alat Pelindung Diri (APD), posko penanggulangan covid – 19 ini dilengkapi dengan stemgun untuk periksa suhu tubuh pengunjung.

Tujuannya, setiap pengunjung yang datang dan masuk di ke desa di wilayah kerja Puskesmas Lubuk Raja harus melalui pemeriksaan kesehatan dan pihaknya melakukan pendataan. “Setelah didata, pengunjung tersebut dihimbau untuk tidak keluar rumah,” tukas Atri.

Selain pembukaan posko di tiap desa, lanjut Atri, Puskesmas Lubuk Raja juga melakukan penyemprotan cairan disinfektan ke tempat umum di setiap desa dengan bekerjasama dengan lintas sektor. “Tidak hanya penyemprotan, namun kami juga membagikan masker ke posko – posko tersebut,” imbuh Atri.